Back to Kompasiana
Artikel

Agrobisnis

Dwi Purnomo

Lab Sistem Informasi dan Manajemen Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran www.unpad.ac.id www.agroindustry.wordpress.com www.labsistemtmip.wordpress.com selengkapnya

Serangkai Ucapan Kasih Untuk Guru, Orang Tua dan Sahabat

REP | 20 September 2011 | 12:09 Dibaca: 1697   Komentar: 2   0

13164773151921259317Puji dan syukur dipanjatkan ke hadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya, studi ini dapat diselesaikan sebagaimana mestinya. Studi yang diakhiri dengan Disertasi ini merupakan perjuangan dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk memperolehilmu pada jenjang pendidikan paling paripurna pada Program Studi Teknologi Industri, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Disertasi dengan judul Strategi Pengembangan Agroindustri Halal Dalam Menantisipasi Bisnis halal Global, yang diselesaikan dengan maskud memberikan kontribusi pemikiran bagi pengembangan bisnis berbasis agroindustri halal di Indonesia seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat serta tren pasar internasional terhadap produk-produk halal.

Disertasi ini dapat diselesaikan dengan baik atas dukungan dan bantuan banyak pihak. Dalam kesempatan ini, penulis menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang tulus kepada para personalia di bawah ini :

1. Prof. Dr. Ir. E. Gumbira-Said, MA.Dev selaku ketua komisi pembimbing yang telah memberikan curahan ilmu, waktu dan motivasi yang luar biasa sehingga mampu memberikan pencerahan dan pembelajaran yang sangat berarti bagi penulis

Bapak Prof Egum merupakan inspirasi bagi saya, jika berkenan selain sebagai bapak secara keilmauan saya menganggap Bapak sebagai bapak saya sendiri yang senantiasa memberikan pencerahan dan penguatan dalam setiap pertemuan yang sangat intensif. Pada awalnya saya sendiri meragukan apakah saya sanggup untuk menyelesaikan program Doktor ini, namun Bapak menjadi pendorong utama dalam penyelesaian studi ini.

Pembelajaran yang diraih selama dalam proses bimbingan, tidak saja memberikan kualitas keilmuan yang sangat baik, namun juga bapak telah banyak memberikan arti dalam hidup saya terutama dalam hal menjadi seorang yang senantiasa selalu memegang teguh pendiriannya untuk tiada henti dalam proses pencarian ilmu, agama, tauhid, kecintaan terhadap keluarga, masyarakat, agama dan bangsa.

Pembelajaran yang didapatkan selama studi telah memberikan perubahan pola pikir yang massif dalam kehidupan saya untuk senantiasa selalu besyukur, berdoa dan beusaha. Perubahan ini saya rasakan sangat signifikan mulai dari perilaku, pola pikir, pergaulan hingga cara berpakaian pun berubah.

Saya sampaikan kekaguman saya ketika bapak selalu melontarkan senyum kebanggaannya padahal saya tahu betul bahwa tulisan yang saya buat sangat jauh dari kualitas yang bapak harapkan. Atau tulisan “Good Luck” pada coretan disertasi, dua kata sederhana yang membangkitkan semangat. Atau teguran bapak yang mampu mengembalikan saya kembali pada jalurnya ketika saya baru saja aktif kembali dalam penelitian saya, juga ketika saya senantiasa selalu diajak Bapak untuk mengahadiri berbagai seminar baik di dalam ataupun luar negeri, Bapak selalu memberikan kesempatan saya untuk mendampingi dan memberiukan kesempatan untuk berkenalan dengan berbagai pihak yang saat ini menjadi modal jejaring dan silaturahmi yang luar biasa.

Model pengajaran yang intensif, pengayaan yang mendalam, kedekatan yang hangat, koreksi yang membangun, dan penularan keilmuan yang tiada henti menjadi insipirasi untuk saya contoh dikemudian hari.

Saya juga menjadi tersadar ketika Bapak selalu yakin akan apa yang ingin dilakukannya, saya menjadi yakin betul bahwa Allah maha mencukupkan.

Berbagai inspirasi kerap kali datang melalui pemikiran bapak, sungguh luar biasa. Kali ini saya menemukan sosok guru yang benar-benar mampu membangkitkan adrenalin saya untuk berjuang untuk masyarakat, bangsa dan negara melalui ilmu pengetahuan dan pengabdian.

Saya sampaikan ucapan terima kasih saya juga untuk Ibu E.Gumbira Sa’id yang senantiasa memberikan dukungan dan doa, terlebih lagi beliau tidak segan-segan memberikan hidangan makan siang atau makan malam yang sungguh enak dan nikmat sehingga meja makan sebagai tempat diskusi di rumah menjadi tempat diskusi yang sangat hidup, terima kasih ibu.

2. Prof. Dr. Ir. Anas M. Fauzi, M.Eng., selaku anggota komisi yang telah memberikan bimbingan, masukan, semangat dan arahan dan motivasi selama penelitian dan penyusunan disertasi ini.

Bapak Prof Anas menjadi panutan saya ketika disela kesibukannya sebagai Wakil Rektor masih mampu mengambangkan idealisme keilmuannya dalam kehidupan kesehariannya. Dalam proses bimbingan Bapak juga memberikan koreksi-koreksi yang sangat membangun. Bapak berhasil meyakinkan saya untuk

3. Prof. Dr. Ir. Khaswar Syamsu selaku anggota komisi yang telah memberikan bimbingan, motivasi, semangat dan diskusi yang mendalam atas penelitian yang dilaksanakan. Saya menemukan idealisme, keramahtamahan, dan proses penciptaan karya yang luar biasa

4. Dr. Ir. Muhammad Tasrif, M.Eng selaku anggota komisi atas segala bimbingan dan masukan yang sangat berarti selama proses penulisan disertasi ini.  Perubahan pola pikir menjadi pemahaman sistem adalah andil Bapak.

Keempat pembimbing merupakan anugerah luar biasa bagi saya dimana saya menemukan optimisme kembali untuk membangun bangsa dan negara.

5. Dr. Ir. Machfud M.S. selaku ketua program studi Teknologi Industri Pertanian atas dorongan dan kemudahan yang diberikan selama penyelesaian studi serta kepada seluruh sivitas akademika Program Studi Teknologi Industri Pertanian atas segala bantuannya.

6. Dr. Ir. Sam Herodian, M.S. dan Dr. Ir. Sugiyono, M.App.Sc, Dekan dan Wakil dekan Fakultas Teknologi Pertanian IPB  dan pimpinan sidang terbuka dan tertutup yang telah memberikan arahan untuk perbaikan disertasi ini.

7. Dr. Ir. Yandra Arkeman, M.Eng dan Dr. Ir. Dr. Ir. Liesbetini Hartoto, M.S.

selaku penguji luar komisi dalam ujian tertutup.

8. Prof. Dr. Dedi Fardiaz, M.Sc (Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology Center (SEAFAST Center) IPB) dan Dr. Dedi Mulyadi (Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Kementrian Perindustrian Republik Indonesia) selaku penguji luar komisi dalam ujian tertutup.

9. Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA selaku Rektor Universitas Padjadjaran yang telah memberikan ijin, bantuan serta dukungan penelitian dan motivasi yang sangat berarti untuk menempuh Program Doktor pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian Sekolah Pascasarjana Insitut Pertanian Bogor.

10. Ibunda tercinta dan tersayang Rr. Sri Widodo.

Pencapaian ini secara khusus saya dedikasikan untuk Ibunda yang senantiasa memberikan doa, dorongan semangat, materi dan cinta kasih yang tiada henti yang diberikan pada penulis sehingga mampu menyelesaikan program doktor ini.

Insipirasi ibundalah yang senantiasa hadir dalam benak dan pikiran saya untuk segera menyelesaikan kuliah.

Terimakasih juga untuk tidak pernah melewatkan ananda dalam setiap doanya. Walaupun dalam kondisi yang sakit sejak 1 Maret 2010 ditengah saya melakukan penelitian menjadikan saya tumbuh menjadi sosok yang jauh lebih dewasa. Ibu seringkali tertatih-tatih menuju kamar ananda dan terantuk-kantuk hanya untuk menemani menulis disertasi ditengah malam.

Saya yakin karena skernario Allah SWT ini lah yang membuat kami berdua sama-sama memiliki semangat berjuang untuk kembali mengambalikan senyuman yang sempat tercerabut dari rumah.  Semangat dan kemauan Ibunda untuk sembuh menjadi dorongan tersendiri bagi saya, melihat beliau belajar untuk melangah lagi, mengembalikan memorinya yang sempat hilang total hingga hari ini dapat pulih sepenuhnya dan dapat mengahadiri ujian terbuka saya hari ini. Dalam perjalanan ini samapai saat ini pun ibundalah yang senantiasa mendorong saya dengan kemampuannya yang kian terbatas, tapi ananda yakin bahwa doa dan dorongan semangat yang ibunda berikan tidaklah terbatas.

Pencapaain ini juga adalah hadiah ulang tahun saya untuk Ibunda tersayang  yang ke-70. Selamat ulang tahun ibunda tersayang, empur kangen senyuman ibunda. Saatnya tersenyum ya bu.

11. Prof Dr. Ir. Nurpilihan Bafdal, Prof.Dr. M. Ade Moetangad Kramadibrata, Dipl.,Ing. M.Res.Eng., Sc., Prof Dr. Ir. Roni Kastaman, Prof. Dr.Ir. Imas Siti Setiasih, S.U., Prof. Carmencitta, seluruh  Guru Besar Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran yang telah memberikan dorongan untuk menyelesaikan program doktor ini.

12. Ir. Mimin Muhaemin, M.Eng., Ph.D., Sudaryanto, Ir.M.S., Dr Saripah Nurjanah, Totok Pujianto, Ir., MT.,  dan seluruh civitas akademika Jurusan Teknik dan Manajemen Industri Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanian dan Jurusan Teknologi Industri Pangan Universitas Padjadjaran Universitas Padjadjaran yang telah memberikan dorongan semangat untuk menyelesaikan program doktor ini.

13. Dr. Ir. M. Nadratuzzaman Hosen, Ms., M.Sc, Ph.D, Ir. Suroso Natakusuma, MM, Ibu Ning  Rahayu, Ibu Sussy Dyah Widowati, Ir.,MT,  Ir. Meiriyanto, Drh. Basir Nainggolan, MM, Ir. Hassanuddin Yasni, MM, Irfan Fauzani, MM, Gunawan Abitama, Ir, Drs. Zafrullah Salim, M.H, Rhadeya Setiawan, Ir.,MBA, Agus Susanto, SE., Tamzil Muhammad, Bapak AA Aikma serta personalia lainnya yang telah menjadi nara sumber serta memberikan bantuan fasilitas dan pengetahuan dalam penyelesaian penelitian ini.

14. Bapak Alexi B. Adi, yangtelah menjadi teman, sahabat, bapak dan guru saya yang luar biasam mendampingi dengan berbagai masukan membangun, mengingatkan untuk senantiasa bersyukur dan berusaha. Sepanjang studi ini Bapak Alexi menjadi teman diskusi yang paling saya andalkan, pemikirannya yang jauh kedepan dipadu dengan kecerdasan matematis serta kesabaran yang luar biasa menjadikan saya mampu menyelesaikan studi secara bersamaan. Bapak Alexi selalu bersama saya ketika seminar, sidang komisi, ujian tertutup dan ujian terbuka selaly pada hari yang sama. Hal ini menjadi hal yang sungguh tidak terlupakan dan menjadi proses yang penuh dengan pembelajaran.

15. Bapak Bambang Suhada, Bapak Suhardjito, Bapal Rofoq, Bapak Syarif, Alm Ibu Anna, Ibu Vita, Bapak Wagiman, Bapak Yaoi  serta rekan-rekan mahasiswa Program Doktor pada Program Studi Teknologi Industri Pertanian, khususnya angkatan 2007 atas kebersamaannya selama perkuliahan dan penyelesaian disertasi ini.

16. Keluarga Besar Tersayang R. Djikun Tjokroatmodjo (Alm), Brigjen. Pol. Purn.H. Murhadi,S.H.,M.H., Kombes Pol. Purn. Hj. Sri Sudarmi,  Keluarga Hj. Keluarga  Bapak Eden Anwar dan Sri Muryati, Sri Kusmiati, Sri Sugiarti, S.E., Letkol (Inf) TNI AD Suharto,S.Sos., Drs. Nono Sukirno  Dadang Suherman, S.Pd. dan seluruh sepupu tersayang, keluarga besar yang telah membantu penulis dalam pada proses penyelesaian disertasi ini. Terima kasih atas doa dan turut menjaga ibunda jika saya harus berangkat ke Bogor untuk menyelesaikan Studi

17. Ibu Tati Sukarti Ir.,M.S, ibu angkat saya yang memberikan dukungan luar biasa meskipun dalam perjalanan sepanjang penelitian saya ini dua ibu saya ini terserang stoke, namun hari ini dapat hadir dengan sehat. Terimakasih banyak Ibu Tati Sukarti

18. Keluarga Besar Pawiro Utomo yang berada di Bandung dan D.I.Yogyakarta. .

19. Bapak Masri Asyik dan ibu yang berkenan hadir untuk memberikan doa dan dukungan. Saya ucapakan terimakasih yang amat tinggi kepada Bapak dan keluarga yang dalam perjalanan saya menempuh pendidikan telah memberikan beasiswa sejak bangku SMA hingga perkuliahan S1

20. Bapak Yoyon Rosiyan dan Ibu, yang tengah memberikan doa dan dukungan sejak saya duduk di bangku SMA

21. Dr Tomi Perdana, dkk di LPPM Unpad

22. Bapak Heryanto yang senantiasa memberikan pencerahan dan memberikan wejangan-wejangan serta ilmu yang sangat berguna untuk senantiasa selalu menyeimbangkan aspekkehidupan jasmani dan rohani. Terimakasih atas kesediaan bapak membimbing saya dengan sepenuh hati dan penuh kesabaran

23. Ucapan terimakasih juga saya ucapkan bagi  kakak, adik dan sahabat-sahabat tersaang

•  Dr. Widjajani terimakasih atas doa, pencerahan dan dukunggannya,

• Dian Aquarita S.T yang senantiasa bersabar, kesabaran yang luar biasa memberikan dukungan semangat, doa dan senyum dan harapan semoga mama dan papa senantiasa dalam keaadaan sehat. .

• Ir. Belli Belinda, dan  Ir. Dandi Budiman untuk keluangan waktu berdiskusi, sesi curhat yang tiada akhir, doa, air mata yang senantiasa mengiringi keyakinan kita untuk meraih mimpi kebahagian di masa yang akan datang

• Bambang Bayu Febbyanto, adik tersayang yang senantiasa memberikan lelucon-lelucon hangat kegembiraan ditengah berbagai kesulitan yang ada. Jangan lupa untuk juga segera menuntaskan studinya

• Ibu Rerry Andriany dan keluarga yang memberikan support, doa dan semangat yang tiada henti., sahabat Umi, Rika, Kukuh Tohadiyono, Widdy Kardiansyah, Siti Amalia, Rizky, Puni dan keluarga besar The Clan

24. Ibu Nurjanah dan karyawan Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB dan SPS IPB yang telah memberikan berabagai kemudahan proses administrasi dan pelayanan yang sangat baik.

25. Teman-teman tercinta 104.3 UFM Bandung atas segala pengertian dan persahabatan yang luar biasa.

26. Seluruh pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu yang telah memberikan doa dan dukungan hangat yang sungguh menguatkan. Akhirnya, semoga disertasi ini bermanfaat bagi semua pihak.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Mau Ribut di Jerman? Sudah Ijin Tetangga …

Gaganawati | | 24 October 2014 | 13:44

Pesan Peristiwa Gembira 20 Oktober untuk …

Felix | | 24 October 2014 | 13:22

Ikuti Kompasiana-Bank Indonesia Blog …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 10:39

Sedekah Berita ala Jurnalis Warga …

Siwi Sang | | 24 October 2014 | 15:34

Inilah Daftar Narasumber yang Siap Beraksi …

Kompasiana | | 20 October 2014 | 15:40


TRENDING ARTICLES

Akankah Jokowi Korupsi? Ini Tanggapan Dari …

Rizqi Akbarsyah | 7 jam lalu

Jokowi Berani Ungkap Suap BCA ke Hadi …

Amarul Pradana | 8 jam lalu

Gerindra dapat Posisi Menteri Kabinet Jokowi …

Axtea 99 | 9 jam lalu

Nurul Dibully? …

Dean Ridone | 9 jam lalu

Jokowi Tunda Tentukan Kabinet: Pamer …

Ninoy N Karundeng | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

Batuk Efektif …

Kaminah Minah | 8 jam lalu

Pak Jokowi, Kemana Pak Dahlan Iskan? …

Reo | 8 jam lalu

Komunitas, Wiramuda dan Pemuda Muhammadiyah …

Kang Nanang | 8 jam lalu

Aku Berlari dari Hati …

Christian Urbanus | 8 jam lalu

Tanya Jawab ala Toni Blank …

Wahyu Hidayanto | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: