Back to Kompasiana
Artikel

Bisnis

Edwin Dewayana

.......... menyingkap fenomena di balik setiap peristiwa .........

Pesawat Baling-baling

OPINI | 08 September 2010 | 08:14 Dibaca: 691   Komentar: 16   0

Saat ini mayoritas maskapai penerbangan di Indonesia mengoperasikan pesawat jet dari dua pabrik pesawat, yaitu Boeing 737 dan Airbus A320. Pesawat-pesawat ini dipakai untuk rute-rute jarak pendek dan sedang, mulai dari jarak penerbangan 40 menit sampai dengan 4 jam. Jarak penerbangan 40 menit misalnya adalah Jakarta - Semarang. Sedangkan jarak penerbangan 4 jam misalnya Jakarta - Biak.

Mengingat permintaan penerbangan rute-rute pendek antar kota di Pulau Jawa dan sekitarnya sedang melonjak tajam, sudah saatnya perlu dipikirkan untuk memakai pesawat-pesawat tipe lain selain pesawat jet. Dengan pesawat berbaling-baling, jarak Jakarta - Surabaya masih layak ditempuh karena waktu yang diperlukan masih kurang dari 2 jam, tidak berselisih terlalu lama dibandingkan dengan pesawat jet.

Biaya operasi pesawat baling-baling jauh lebih murah daripada pesawat jet karena mengkonsumsi bahan bakar lebih sedikit. Demikian juga biaya pemeliharaannya lebih murah. Oleh karena itu sudah selayaknya jarak penerbangan kurang dari 2 jam dilayani oleh pesawat-pesawat jenis ini. Tanpa bermaksud melakukan promosi, ATR 72 dan Bombardier Dash 8 adalah pesawat baling-baling yang sangat handal dan perlu dipertimbangkan. Pesawat ATR 72-500 sudah dipakai oleh Wings Air di wilayah Indonesia timur. Kalau PT Dirgantara Indonesia bisa memberikan pelayanan yang baik yang bisa memberikan jaminan perawatan yang memberikan keselamatan, pesawat CN-235 juga bisa dipakai. Patut disayangkan memang kalau Merpati justru menggunakan pesawat baling-baling impor dari RRC, apalagi di saat-saat awal sebelum re-negoisasi, harganya sempat dibuat sangat tinggi oleh penjual, yang akhirnya sempat menyebabkan sengketa.

Dengan demikian kita tidak memboroskan bahan bakar hanya untuk pemakaian pesawat jet untuk jarak pendek. Dan penumpang memperoleh jasa penerbangan dengan harga yang lebih hemat.

Dengan biaya yang lebih hemat, pesawat baling-baling akan membuka rute-rute baru di Pulau Jawa seperti Jakarta - Cilacap, Solo - Surabaya, dan lain-lain. Penduduk di kota-kota tersebut tidak perlu lagi menghabiskan waktu yang terlalu lama untuk menempuh perjalanan melalui jalan raya atau kereta api. Dengan demikian bisnis juga lebih lancar.

Tags: transportasi

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Transjakarta vs Kopaja AC, Pengguna Jasa …

Firda Puri Agustine | | 31 October 2014 | 12:36

Kenapa Orang Jepang Tak Sadar Akan Kehebatan …

Weedy Koshino | | 30 October 2014 | 22:57

Juru Masak Rimba Papua Ini Pernah Melayani …

Eko Sulistyanto | | 31 October 2014 | 11:39

Green Bay dan Red Island Beach, Dua Pesona …

Endah Lestariati | | 31 October 2014 | 11:47

Ayo Wujudkan Rencana Kegiatan Sosialmu …

Kompasiana | | 31 October 2014 | 10:19


TRENDING ARTICLES

Hasil Evaluasi Timnas U-19: Skill, Salah …

Achmad Suwefi | 5 jam lalu

Kabinet Jokowi Tak Disukai Australia, Bagus! …

Aqila Muhammad | 5 jam lalu

Menjawab Keheranan Jokowi …

Raden Suparman | 5 jam lalu

Pencitraan Teruus??? …

Boyke Pribadi | 6 jam lalu

Kabinet Kerja Jokowi-JK, Menepis Isu …

Tasch Taufan | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

DPR Akhirnya Benar-benar Terbelah, Bagaimana …

Sang Pujangga | 7 jam lalu

Mendaki Gunung Merapi Tanpa Harus Cuti …

Mcnugraha | 8 jam lalu

Tuntutan Kenaikan Upah Buruh yang Tak …

Agus Setyanto | 8 jam lalu

KIS Adaptasi KJS atau Plagiat JKN …

Aden Rendang Sp | 8 jam lalu

Demokrasi Pasar Loak …

Budhi Wiryawan | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: