Back to Kompasiana
Artikel

Bisnis

Mara Muda

Seorang warga biasa yang punya harapan luar biasa...

Listrik Mikro Hidro Sebuah Alternatif

REP | 18 November 2011 | 14:09 Dibaca: 305   Komentar: 3   0

Listrik merupakan sumber enegi yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia saat ini.Listrik merupakan ruh dalam setiap denyut nadi kehidupan.Tanpa listrik bisa dipastikan roda kehidupan akan lumpuh dan masyarakat tidak akan bisa beraktivitas dengan normal.

Krisis Energi Listrik

Krisis energi listrik menjadikan pemadaman bergilir yang dilakukan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara) di hampir sebagian besar wilayah Sumatera Utara bahkan Indonesia telah membuat masyarakat kelimpungan tak tahu berbuat apa.Mengomel dan menyumpahi PLN sudah maklum dilakukan.Tapi perusahaan plat merah tersebut tetap saja dengan berbagai macam alasan tak mampu memberikan solusi.Siapakah yang salah PLN,Gubernur,Bupati,Menteri atau masayarakat sendiri?Tak tahulah.Yang pasti listrik tetap saja padam entah sampai kapan.

Bagi masyarakat yang berkantong tebal tentu saja membeli Genset merupakan sebuah solusi yang mudah walaupun tak permanen.Tapi bagi masyarakat berkantong tipis hanya bisa mengelus dada dan berdoa saja tanpa bisa berbuat apa

Energi Alternatif

Padahal begitu banyak hal bisa dilakukan untuk mengatasi krisis listrik ini..Pada tahap inilah urgensinya pembangkit listrik alternatif begitu mendesak.Karena negara kita dikaruniai sumber energi yang melimpah dan seharusnya bisa kita manfaatkan.Seperti panas matahari,angin,panas bumi, dan air.Yang terakhir ini merupakan sumber energi yang paling murah dan sangat melimpah yang terdapat di danau, dan sungai yang mengalir membelah kota dan desa di negeri kita ini .Dan air ini bisa menjadi sumber energi listrik melalui yang namanya Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLMH)

Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLMH) memang bukan merupakan barang baru di Indonesia.PLMH ini sudah dikenal dan dipraktekkan sejak dasawarsa delapan puluhan tetapi masih terbatas pada daerah terpencil yang belum terjamah kabel PLN.Maka saat ini sudah pas momennya PLMH ini dihidupkan di kawasan yang selalu minus listriknya walaupun sudah tersentuh kabel PLN.Dan kalau memungkinkan listrik yang dihasilkan bisa dijual kepada PLN.

Definisi Mikro Hidro

Mikro artinya kecil sedangkan Hidro artinya Air. Berarti secara mudah Mikro Hidro berarti listrik yang dihasilkan oleh air.Biasanya Mikro Hidro dibangun berdasarkan kenyataan bahwa adanya air yang mengalir di suatu daerah dengan kapasitas dan ketinggian yang memadai.Istilah kapasitas mengacu pada jumlah volume air per satuan waktu, sedangkan ketinggian aliran air sampai ke instalasi dikenal dengan istilah head.

Mikrohidro untuk saat ini bisa menghasilkan daya listrik antara 100 sampai 40.000 Watt.Secara teknis Mikrohidro memiliki tiga komponen utama yaitu ; Air (sumber energi),Turbin dan Generator.

Air yang mengalir dengan kapasitas dan ketinggian tertentu disalurkan menuju rumah instalasi (rumah turbin).Dalam rumah turbin air tersebut akan menumbuk turbin,lalu turbin kemudian mengubah energi aliran air tadi menjadi energi mekanik berupa berputarnya poros turbin.Poros yang berputar tersebut kemudian dihubungkan ke Generator dengan menggunakan kopling.Generator kemudian menghasilkan energi listrik yang masuk ke sistem kontrol arus listrik sebelum dialirkan ke rumah-rumah atau keperluan lainnya.Begitulah secara ringkas proses Mikrohidro mengubah energi aliran air menjadi energi listrik.

Komponen PLMH saat ini sudah tersedia dipasar dengan harga yang terjangkau,seperti Turbin,Generator,Panel Listrik, dan lainnya.Sedangkan dana untuk PLMH ini bisa beasal dari swadaya masyarakat,pemerintah daerah,atau badan usaha atau kombinasi ketiganya.

Aspek yang tidak kalah penting adalah manajemen organisasi PLMH ini, sehingga harus dibuat susunan pengurus yang sederhana dan baik meliputi Badan Pengawas, Ketua pengurus,staf teknik/adminstrasi dan operator .

Pengurus dapat mengatur dan menentukan harga listrik yang diproduksi, tata cara iuran dan pendistribusian listrik.,dan yang terpenting teknologi yang sederhana dan pemeliharaan rutin yang dilakukan secara serius atas instalasi PLMH ini.Yang secara langsung juga membuka kesempatan kerja bagi penduduk sekitar.

Aspek lingkungan juga mengambil peranan penting dalam proyek PLMH ini dimana ketersediaan debit air yang memadai harus bisa dipastikan terpenuhi melalui pelestarian lingkungan disekitar daerah aliran sungai.Menjaga sungai tetap bersih adalah suatu hal yang mutlak.

Dari paparan diatas tadi sudah jelaslah bagi kita PLMH ini merupakan solusi alternatif yang jitu untuk mengatasi krisis listrik saat ini yang terjadi bukan hanya di pedesaan juga diperkotaan,sehingga sudah sangat urgen untuk segera direalisasikan.

Semoga negara kita Indonesia tercinta ini bisa menjadi dari sedikit negara yang telah keluar dari krisis energi dan bisa menjadi negara yang berdikari dalam hal energi listrik,yang bermuara kepada peningkatan kesejahteraan warga negaranya.Amin.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Hikayat Baru Klinting di Rawa Pening …

Dhanang Dhave | | 24 April 2014 | 14:57

Uniknya Gorila Bule di Pusat Primata …

Dzulfikar | | 24 April 2014 | 14:49

Kota: Kelola Gedung Parkir atau Hunian …

Ratih Purnamasari | | 24 April 2014 | 13:59

Arloji Sang Jenderal dan Si Putri …

Subagyo | | 24 April 2014 | 09:52

Mengenal Infrastruktur PU Lewat Perpustakaan …

Kompasiana | | 21 April 2014 | 15:12


TRENDING ARTICLES

Di Mana Sebenarnya MH370? Waspada Link …

Michael Sendow | 12 jam lalu

Bila Separuh Gaji Karyawan Memang untuk …

Agung Soni | 14 jam lalu

Demam Masha and Bear, Lagi-lagi Film Animasi …

Heru Andika | 18 jam lalu

Senayan, Panggung Baru Para Artis… …

Iswanto Junior | 20 jam lalu

Nasib Capres ARB (Ical Bakrie) dan Prabowo …

Mania Telo | 21 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: