Back to Kompasiana
Artikel

Bisnis

Holmen Simbolon

Lahir dan Sekolah di Prop. Sumatera Utara, dan sedang Kuliah di "Fakultas Ilmu Kumunikasi - selengkapnya

Pengaruh Media Komunikasi pada Bidang Ekonomi

OPINI | 30 June 2012 | 17:40 Dibaca: 1203   Komentar: 0   0

PENGARUH PERKKEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI

DAN

INFORMASI PADA KEMAJUAN DI BIDANG EKONOMI

Pada saat sekarang ini Dapat kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman Perkembangan teknologi dan konikasi terjadi karena seseorang ingin memperoleh hasil yang lebih cepat dalam melakukan aktifitasnya sehingga manusi menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya selalu menggunakan dan menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini dengan perkambangn teknolgi di saat sekarang ini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis.

Perkembangan media Komunikasi pada saat sekarang ini berkembang pesat. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Pada saat ini media komunikasi tidak bisa lepas dari kehidapan manusia karena tanpa media komunikasi kita akan lebih sulit dalam melakukan aktifitas di dalam dunia kerja maupun untuk aktifitas yang lain. Sehingga setiap orang sangat membutuhkan media komunikasi.

Perkembangangan teknologi pada saat sekarang initelah membuka wajah baru dalam peran masyarakat untuk lebih mengetahui dan dapat menggunakan serta merasakan manfaatnya dan dapat menmperoleh informasi dunia secara langsung baik itu melaului pemberiataan media elektronik maupun media cetak. Dengan perkumbangan media komunikasi sat ini sehingga masyarakat dapat menjasi kritis dan tanggap terhadap sesuatu yang berkembang. Setiap orang mampu mempunyai askes

Kemajuan teknologi yang telah kita rasakan di era sekarang ini telah diakui dan dapat di rasakan secara langsung yang dapat memberikan banyak kemudahan serta kenyamanan bagi umat manusia.

Namun, dengan perkembangan teknolgi media komunikasi saat ini manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa media komunikasi dapat mendatangkan kerusakan dan kesengsaraan bagi setiap penggunanya jika manusia itu sendiri tidak dapat mengendalikan dirinya dalam hal untuk pemanfaataan dari media konikasi tersebut.

Perkembangan media komunikasi dan mecdia komunikasi dapat dirasakan saat ini dapat dirasakan di berbagai bidang antara lain :

1. Bidang Politik

2. Bidang Ekonomi

3. Bidang Sosial dan Budaya

4. Bidang Pertahanan

5. Bidang keamanan

6. Penyebaran Ideologi

7. Akses Komunikasi

Namun Perkembangan Media Komunikasi selalu ada 2 sisi atau mempunyai dampak positif dan dampak negatif jika dalam setiap penggunnya tidak mampu mengendalikan dirinya sehingga media komunikasi sering digunakan untuk tindakan tindakan yang melanggar hukum.

Dampak Positif dari pekembangan Teknologi komukasi dan Media komunikasi antara lain

a. Kita telah dapat dan lebih cepat untuk mendapatkan dan memperoleh informasi yang terbaru serta akurat di belahan bumi manapun baik itu dari media cetak maupun media elektronik.

b. Kita dapat berkomunikasi langsung dengan orang lain baik teman, keluarga maupun rekan kerja kita walapun dengan jarak yang begitu jauh dengan melalui media komunikasi seluler.

c. Kita dapat mendapatkan pelayanan perbankan dengan lebih mudah dan cepat serta mudah untuk diakses.

d. Serta masih banyak lagi manfaat yang kita rasakan dalamn kehidupan kita sehari hari.

Disamping dampak positif, ada juga dampak negatif dari perkembangan media komunikasi dan informasi, antara lain,

a. Pemanfaatan jaringan komunikasi untuk tindakan penipuan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

b. Penggunakan inforamsi tertentu yang terdapat di jaringan internet yang bisa disalahgunakan oleh orang-orang tertentu untuk tujuan yang dapat merugikan orang lain.

c. Penyalahgunaan media komukasi dapat berdampak pada norma, seperti adanya video porno yang direkam melalui media Hanpone dan kasus penipuan

Sumber. Blog.uns.

Salah satu dampak pada Perkembangan media komunikasi dan informasi dapat dirasakan pada Bidang Ekonomi. Kemajuan teknologi adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini

Dalam perekonomian suatu negara, teknologi informasi mulai dirasa mempunyai peran yang penting dalam perekonomian suatu negara karena dengan berkembangnya teknologi informasi, perekonomian suatu negara mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya.

Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikai di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Namun perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif, dimana banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan tindak kriminal.

Sumber. Dok pribadi.

Perkembangan teknologi juga membawa pengaruh yang signifikan dalam kegiatan ekonomi dan bisnis. Sadar tidak sadar, perkembangan teknologi yang semakin pesat ini ternyata juga berhasil membuka peluang usaha atau bisnis baru, yang tentu saja dapat memberikan nafas baru dalam sektor perekonomian. Dengan adanya media online yang semakin berkembang, siapa saja dapat berusaha dengan mudahnya melalui media online tersebut. Berdagang melalui situs jejaring sosial, misalnya, sangat mudah dilakukan oleh siapa saja dan tidak memerlukan biaya yang besar. Kita tinggal membuat account di situs jejaring sosial, memajang gambar-gambar barang yang akan dijual melalui situs jejaring sosial tersebut, dan mempromosikannya kepada khalayak. Usaha seperti ini tentu saja sangat minim modal, namun terbukti efektif dalam meraup keuntungan yang cukup besar. Pada saat sekarang ini banayk muncul bisnis bisnis belanja online sehingga dapat mepermudah masyarakat untuk mendapatkan barang sesuai dengan kebutuhannya. Masyarakat cukup dengan mencarinya melalui situs belanja yang ada.

Selain bisnis online, perkembangan teknologi juga dapat mempengaruhi perusahaan dalam beriklan. Di saat ini banyak perusahaan melakukan kegiatan promosis terhadap produk yang mereka hasilkan suapaya lebih cepat meluas kepada masyarakat dan masyarakat dapat mengetahuinya melalui Media Cetak mupaun Elelktronik. Kegiatan promosi suatu hasil produk tidak lagi hanya dilakukan melalui media-media konvensional, tetapi juga dapat dilakukan melalui media online. Pemasangan iklan dan promosi melalui media online juga dianggap sangat efektif karena sebagian besar masyarakat sudah dan sering mengakses internet.

Damapak positif perkembangan media komunikasi antara lain,

a. Pertumbuhan ekonomi semakin maju dan berkembang cepat

b. Terjadinya pusat industrialisi pada suatu daerah.negara yang mampu dengan gepat megembangkan media komunikasi dengan cepat.

c. Produktifitas dari dunia industri semakin banyak dan cepat dan kapasitas produksi semakin banyak.

d. Terbukanya dunia usaha yang baru atau lapangan kerja yang baru,

e. Menuntut para pekerja untuk menambah ketrampilan dan ilmu pengetahuan dan masih banyak manfaat dari perkembangan media komunikasi pada bidang ekonomi

Selain mempunyai dampak positif , perkembangan media komunikasi itu juga mempunyai dampak negatif antara lain ;

a. Terjadinya persaingan pada dunia usaha yang semakin ketat

b. Terjadinya tindak kriminal karena adanya kesenjangan ekonomi

Perkembangan teknologi merupakan sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi informasi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi informasi akan terus berkembang karena manusia tidak pernah merasa puas akan apa yang sudah ada sekarang . Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi informasi masyarakat sudah dapat menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam perkembangan teknologi informasi.

Untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi informasi dan media komunikasi tersebut, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan perundang-undangan atau melalui suatu konvensi internasional yang membahas tentang etika yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi informasi.

Kita semua tentu menyadari kalau kehidupan saat ini sudah semakin canggih. Segala hal nampaknya sudah disediakan untuk menunjang segala kebutuhan kita. Itu semua tentu saja tidak lepas dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang sangat pesat ternyata membawa pengaruh yang signifikan dalam hidup masyarakat.

Sumber. Blog.spot.

Sekian dan Terima Kasih

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Taman Balekambang, Bukti Cinta Orangtua …

Agoeng Widodo | | 30 September 2014 | 15:39

Gedung DPR Dijual …

Hendra Budiman | | 30 September 2014 | 11:55

Bahkan Macan Asia pun Butuh Demokrasi …

Yudhi Hertanto | | 30 September 2014 | 12:16

Langkah Kecil, Meninggalkan Jejak yang …

Ngesti Setyo Moerni | | 30 September 2014 | 15:07

Kamukah Pemenang Sun Life Syariah Blog …

Kompasiana | | 29 September 2014 | 09:44


TRENDING ARTICLES

UU Pilkada, Ahok dan Paham Minoritas …

Edi Tempos | 8 jam lalu

People Power Menolak Penghapusan Pilihan …

Daniel Setiawan | 8 jam lalu

Hobi Berbahaya Anak Muda di Saudi …

Umm Mariam | 9 jam lalu

Inilah Cara SBY Membatalkan UU Pilkada …

Rullysyah | 10 jam lalu

Pembantu yang Berani Mimpi Jadi Big Bos …

Seneng Utami | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

Kisah Senja …

Angger Christina | 7 jam lalu

Serial Bunny si Kelinci Mungil: “Jujur …

Siti Nurhardianti | 7 jam lalu

Kisah Seorang Pedagang Sayur Naik Haji …

Imam Adryan | 8 jam lalu

Penjahat dan Rumput Liar …

Betty Tiominar | 8 jam lalu

Sejarah Tafsir dan Perkembangannya …

Khoiruz Zadit Taqwa | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: