Back to Kompasiana
Artikel

Bisnis

Saroh Ganik Haryati

Mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Keuntungan dan Kerugian Pemasaran Melalui Online

OPINI | 01 October 2012 | 11:08 Dibaca: 5795   Komentar: 0   0

Di dalam beberapa waktu terakhir ini orang yang menggunakan internet semakin meningkat dan dalam penggunaanya juga bervariasi. Misalnya, ada yang hanya untuk memperoleh informasi, mencari teman baru atau mencari pekerjaan. Tetapi aplikasi internet yang booming pada saat ini adalah tentang toko E-Commerce atau Online. Penggunaan internet dan fasilitas di internet saat melakukan pemasaran disebut dengan e-marketing. Pemasaran online adalah kegiatan dalam menjual produk atau jasa melalui jaringan digital, seperti jaringan internet maupun telepon. Sedangkan e-marketing adalah  penggunaan aplikasi elektronik dalam rangka untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep promosi, distribusi, menentukan harga untuk menciptakan pertukaran informasi yang dapat memuaskan individu atau organisasi.

Ada beberapa keuntungan dan kerugian toko online daripada toko offline. Dalam berbisnis yang populer pada saat ini, pemasaran online memiliki beberapa keunggulan. Pertama, biaya yang lebih murah artinya dengan pemasaran online kita tidak perlu membangun atau menyewa kios di tepi jalan. Keunggulan yang kedua yaitu tidak terikat oleh waktu dan tempat. Artinya, dalam pemasaran online kita dapat memasarkan produk kapan dan dimana saja yang dapat mencakup di seluruh dunia. Kita juga dapat memutuskan kapan dan dimana kita akan bekerja, bahkan kita tidak harus bekerja dalam waktu yang sama dalam melakukan pekerjaan.

Keunggulan yang ketiga yaitu dalam bisnis online kita bisa menjadi manager dan pemiliknya sendiri. Karena dalam bisnis online tidak terikat oleh siapapun, kita tidak perlu “Bos” yang mengatur jadwal pekerjaan dan dalam menjalankan bisnisnya. Tetapi, disini kita yang mengatur jadwal dan menentukan strategi pemasaran agar memperoleh target pendapatan yang maksimal. Keunggulan terakhir yaitu, menghemat waktu dan uang. Artinya, dalam melalui situs pemasaran online yang kita buat, kita dapat mengirimkan daftar produk sehingga dapat dilihat oleh para pelanggan. Dalam situs tersebut pasti ada pelanggan yang akan menanyakan “produk dan jasa apa yang tersedia?”. Tetapi dengan sendirinya pelanggan tersebut akan melihatnya tidak perlu membutuhkan karyawan dalam menjawab tersebut. Apabila pelanggan tersebut menginginkan untuk membeli produk tersebut juga tidak perlu membutuhkan karyawan untuk melayaninya.

Dalam pemasaran online selain memiliki keunggulan, juga memiliki beberapa kelemahan yang membuat beberapa orang masih lebih memilih cara berbisnis dengan pemasaran konvensional. Kelemahan yang ada dalam pemasaran online yaitu pertama, kepercayaan lebih kecil. Artinya, kepercayaan para pelanggan lebih kecil karena masih berhati-hati dan takut apabila ditipu. Kelemahan yang kedua dalam pemasaran online yaitu produk kurang nyata. Karena dengan online kita hanya menampilkan produk dengan gambar itupun hanya bisa dilihat melalui jaringan internet. Sehingga pelanggan tidak bisa merasakan dari produk tersebut secara keseluruhan. Kelemahan yang terakhir yaitu kredibilitas bisnis yang dimiliki. Pada saat ini ada banyak orang yang mengambil keuntungan dari ketidaktahuan seseorang dalam menggunakan internet. Seseorang yang belum tahu benar dalam pembelian secara online ditipu dengan produk yang palsu. Bisnis dengan semacam itu, sehingga mempengaruhi para pelanggan untuk berpikir jika situs yang tersedia benar-benar ada atau tidak. Tetapi, apabila situs yang ada dijamin dapat membantu para pelanggan situs yang ada menjadi berkembang pesat.

Di dalam pemasaran online memiliki banyak keuntungan dan kerugian seperti yang telah dijelaskan diatas, kita tidak perlu takut tentang hal itu. Pemasaran online selalu ada ide yang sangat bagus yang terjadi dalam kegiatan bisnis. Banyak orang yang mencari apa yang dibutuhkan dengan mengunjungi internet terlebih dahulu untuk mencari berbagai referensi sebelum membelinya di toko. Tetapi, masih banyak orang yang lebih memilih membeli suatu produk melalui toko online daripada di mall ataupun supermarket. Karena pada saat ini banyak orang modern sehingga lebih memilih membeli produk dengan simple yaitu dengan toko online. Hanya dengan menjadi suatu pengusaha yang jujur dan baik, sehingga dapat memperoleh keuntungan yang efisien daripada kerugian.

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Ada “Tangan” Anjing Diborgol di Pasar …

Eddy Mesakh | | 18 December 2014 | 21:39

Konyolnya Dokumen Hoax Kementerian BUMN Ini …

Gatot Swandito | | 18 December 2014 | 09:24

Suka Duka Kerja di Pakistan …

Gaganawati | | 18 December 2014 | 23:19

Warga Hollandia Antusias Menyambut …

Veronika Nainggolan | | 18 December 2014 | 20:40

[UPDATE] Nangkring Parenting bersama Mentari …

Kompasiana | | 10 December 2014 | 17:59



Subscribe and Follow Kompasiana: