Back to Kompasiana
Artikel

Bisnis

Prof. Dr. Abdul Azis Riambo Sh

Presiden MPBN-KSBDSI Ketua Umum DPP-FSBDSI Ketua Juru Runding Perburuhan

Sosialisasi Pembangunan Rumah Layak Huni Buruh Pekerja

REP | 09 October 2012 | 23:13 Dibaca: 3900   Komentar: 0   0

Menpera RI, Menakertrans RI, Dirut PT. Jamsostek, Dukung MPBN-KSBDSI Lakukan Sosialisasi Pembangunan Rumah Layak Huni Buruh/Pekerja (Formal/Informal) Cicilan Sangat Murah Beserta Jamsostek di Atas Tanah Milik Sendiri.

1349780968542366567

Penandatanganan MoU antara KEMENPERA, KEMENAKERTRANS dan PT. JAMSOSTEK (Persero) Penyediaan Rumah Cicilan murah untuk Buruh

Delegasi Majelis Permusyawaratan Buruh Nasional Konfederasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (MPBN-KSBDSI), Dewan Pimpinnan Pusat, Dewan Pimpinan Daerah, Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (DPP/DPD/DPC – FSBDSI), Dewan Pemersatu Kesultanan / Kerajaan Nusantara Republik Indonesia (DPKN – RI), Kesultanan Padangguni Inea Sinumo Wuta Mbinotiso ( Daerah Istimewa) Kendari Sulawesi Tenggara, Telah Mengadakan Rapat Bersama dengan Kementerian Perumahan Rakyat RI, Kementerian Tenaga Kerja Dan Transmigrasi RI Dan PT. Jamsostek (Persero) Tanggal 04 Juli 2012, Sesuai Undangan Asdep Kerjasama Pembiayaan Dan Investasi Kementerian Perumahan Rakyat RI NO.78/UM.02.03/DP.3/VII/2012 tanggal 12 Juli 2012, sebagai tindak lanjut Pelaksanaan Kesepakatan Bersama, antara Kementerian Perumahan Rakyat RI dengan Kementerian Tenaga Kerja Dan Transmigrasi RI Dan PT. Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PT.Jamsostek), NO.39/SKB/M/2012, No.SKB.04/MEN/IV/2012 Dan NO.MOU/05/04/2012 tanggal 23 April 2012 Tentang pembangunan rumah layak huni cicilan sangat murah Bagi Pekerja/Buruh dilingkungan Perumahan Baru Dengan Tehnologi Tepat Guna, terutama para anggota MPBN-KSBDSI / FSBDSI peserta Jamsostek yang telah membayar iuran kepesertaanya selama 1 (satu) tahun, mengutamakan percepatan penanggulangan kemiskinan,pengangguran,perluasan lapangan kerja dan pengembangan dunia usaha lokal didaerah ditiap-tiap kab/kota,sebagai alat perekat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari sabang sampai merauke , dari pulau rote ke pulau miangas 5 mil keutara secara tertib dan damai, demi kepentingan bersama TRIPARTIT

Dan Nota Kesepahaman Antara PT.Jamsostek (Persero) Dengan Konfederasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (MPBN-KSBDSI), tentang Kerjasama Operasional (KSO) No.MOU/12/072012,No.042/MPBN-KSBDSI/VII/2012, tanggal 16 Juli 2012 Dan Perjanjian antara PT.Jamsostek (Persero) Dengan Konfederasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (MPBN-KSBDSI) tentang Kerjasama Operasional No.PER/87/072012,No.043/MPBN-KSBDSI/VII/2012 tanggal 16 Juli 2012.

Dari hasil rapat tersebut tanggal 04 Juli 2012 MPBN-KSBDSI telah mengirimkan utusan TIM Kerja Pelaksanaan Kegiatan Bersama, Pembangunan Perumahan Layak Huni Bagi Buruh/Pekerja Masyarakat miskin/Kurang mampu anggota FSBDSI/MPBN-KSBDSI dengan Surat No.031/MPBN-KSBDSI/ORG/VII/2012 Jakarta tanggal 04 Juli 2012,kepada Menteri Perumahan Rakyat RI,Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI,Dirut Pt.Jamsostek (Persero),Presiden RI dan Unsur terkait, dengan wilayah sasaran prioritas kegiatan sosialisasi meliputi sebagai berikut :

A. 1.Sulawesi Barat

2.Papua

3.Papua Barat

4.Aceh

5.Kalimantan Barat

B. 1.Sulawesi Selatan

2.Sulawesi Tenggara

3.Nusa Tenggara Timur

4.Gorontalo

5.Sulawesi Utara

6.Sulawesi Tengah

C. 1.Lampung

2.Kalimantan Tengah

3.Sumatera Barat

4.Bengkulu

5.Riau

D. 1.Jawa Timur

2.Jawa Tengah

3.Kalimantan Timur

4.Nusa Tenggara Barat

5.Bali

6.Maluku,dan

7.Maluku Utara

Pelaksanaan Sosialisasi telah berlangsung meliputi :

1. Provinsi Sulawesi Barat Telah dilakukan Sosialisasi tanggal 17 Juli 2012 yang bertempat di Hotel D’Maleo Mamuju Sulawesi Barat dan telah diadakan acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Layak Huni Cicilan Sangat Murah Bagi Anggota MPBN-KSBDSI/FSBDSI, peserta Jamsostek, sejumlah 7.500 orang/Unit tanggal 25 September 2012, bertempat di Lapangan Merdeka Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat, yang dihadiri unsur Pemda Provinsi Sulawesi Barat, Unsur Pemerintah Kabupaten Kota SeProvinsi Sulawesi Barat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, DPD/DPC SeProvinsi Sulawesi Barat, TNI dan Polri, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat dengan Pengusaha / Pengembang PT.Ranindo GRUP, Bank Pelaksana/Penjamin Bank Mandiri telah dilaporkan Oleh Kepala Bidang Hubungan Industrial Dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat, Kepada Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi RI, Menteri Perumahan Rakyat RI, Dirut.PT. Jamsostek (Persero), dan Presiden MPBN-KSBDSI, dengan surat NO.077/TK-F/IX/2012 tanggal 28 September 2012, dan pekerjaan pembangunan rumah buruh/pekerja cicilan sangat murah sudah dimulai/dikerjakan.

2. Provinsi Papua Barat atas undangan Gubernur Provinsi Papua Barat dengan surat NO.365/1014/setda-pb/2012 tanggal 30 Juli 2012 bertempat di ASTON NEW HOTEL Manokwari Jln.Drs.Esau Sesa Manokwari telah dilaksanakan sosialisasi, tanggal 13 Agustus 2012, di Manokwari yang telah dilaporkan, kepada menteri perumahan Rakyat RI, Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi RI dan Direktur Utama PT.Jamsostek (Persero), dengan surat No.049/MPBN-KSBDSI/HAM/IX/2012 tanggal 10 september 2012, yang dihadiri unsur Pemda Provinsi papua Barat , Kabupaten/Kota, Para Pengusaha Lokal , Tokoh Adat, Tokoh Agama, TNI Dan Polri, dengan jumlah peserta 11.000 orang/anggota/unit dari 11 Kabupaten/Kota Se Provinsi Papua Barat, dan kegiatan selanjutnya sedang dalam Proses Ferivikasi Kepesertaan Jamsostek di Perwakilan PT.Jamsostek (persero) di Sorong, dan selanjutnya apabila telah selesai akan dilakukan acara peletakan batu pertama.

3. Provinsi Papua atas undangan Gubernur Provinsi Papua melalui Radiogram Gubernur Provinsi Papua dengan Nomor : T-470/3327/setda tanggal 23 agustus 2012, bertempat di Hotel Sentani Indah Jln.Abe Pura Sentani Kabupaten Jaya Pura Provinsi Papua, telah dilaksanakan sosialisasi tanggal 27 Agustus 2012, yang dihadiri DPD/DPC – FSBDSI 29 Kabupaten / Kota , unsur Pemda Provinsi Papua , Kabupaten/Kota, Para Pengusaha Lokal , Tokoh Adat, Tokoh Agama, TNI Dan Polri, Jumlah Peserta anggota MPBN-KSBDSI / FSBDSI calon penerima bantuan pembangunan rumah layak huni cicilan sangat murah sejumlah 29.000 orang/unit, dan selanjutnya dalam proses ferivikasi kepesertaan Jamsostek di Kator perwakilan PT.Jamsostek (Persero) di Jaya Pura dan selanjutnya apa bila telah selesai akan dilanjutkan acara Peletakan batu pertama dimulainya pembangunan rumah layak huni cicilan sangat murah, bagi buruh /pekerja anggota MPBN-KSBDSI / FSBDSI.

Pelaksanaan Sosialisasi berlanjut :

4. Provinsi Sulawesi tenggara akan dilaksanakan sosialisasi sesuai undangan panitia gabungan DPD-FSBDSI Provinsi Sulawesi Tenggara tanggal 30 September 2012 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 – 16 Oktober 2012 Dihotel GRAND AWANI Jln. Maliik Raya Kendari Prov.Sulawesi Tenggara yang diundang untuk hadir dalam acara sosialisasi tersebut terdiri dari, Kementerian Perumahan Rakyat RI, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Dirut PT. Jamsostek (Persero), Dir. ILO OFFICE Jakarta, KAPOLRI,Kementerian PPN/Bappenas RI dan unsur Pemda Provinsi Sulawesi Tenggara ,Unsur Pemda Kab/Kota se-Sulawesi Tenggara ,Unsur DPRD Provinsi/Kab/Kota se- Sulawesi Tenggara ,Unsur TNI dan Polri Se-Sulawesi Tenggara ,Unsur MPBN-KSBDSI,DPD-FSBDSI,DPC-FSBDSI se-Sulawesi Tenggara,para pengusaha lokal se-Sulawesi Tenggara dan unsur terkait, dan unsur terkait yang direncanakan perserta anggota MPBN-KSBDSI/FSBDSI yang akan hadir sejumlah 12.000 orang diharapkan para undangan yang berwenang dapat menghadiri acara tersebut dengan tertib dan aman, sebagai wujud keperdulian kita bersama dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam hal percepatan penanggulangan kemiskinan di Indonesia sesuai peraturan Presiden nomer 15 tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia.

5. Provinsi Jawa Timur akan dilaksanakan sosialisasi sesuai undangan panitia pelaksana DPD-FSBDSI Provinsi Jawa Timur tanggal 30 september 2012 yang akan dilaksanakan di hotel Mustika Tuban Jln.Pramuka no.25 Tuban Jawa Timur,tanggal 30 Oktober 2012 yang diundang untuk hadir dalam acara sosialisasi tersebut terdiri dari, Kementerian Perumahan Rakyat RI, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Dirut PT. Jamsostek (Persero), Dir. ILO OFFICE Jakarta, KAPOLRI ,Kementerian PPN/Bappenas RI dan unsur Pemda Provinsi Jawa Timur ,Unsur Pemda Kab/Kota se-Jawa Timur ,Unsur DPRD Provinsi/Kab/Kota se- Jawa Timur ,Unsur TNI dan Polri Se-Jawa Timur ,Unsur MPBN-KSBDSI,DPD-FSBDSI,DPC-FSBDSI se-Jawa Timur,para pengusaha lokal se-jawa timur dan unsur terkait, yang direncanakan akan hadir sejumlah 48.000 orang anggota MPBN-KSBDSI/FSBDSI diharapkan para undangan yang berwenang dapat menghadiri acara tersebut dengan tertib dan aman, sebagai wujud keperdulian kita bersama dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam hal percepatan penanggulangan kemiskinan di Indonesia.

6. Provinsi Nangro Aceh Darussalam, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah,Nusa tenggara Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Lampung, Kalimantan Tengah, Sumatera Barat, Bengkulu, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat dan Bali menunggu giliran sosialisasi berikutnya sesuai laporan yang telah disampaikan MPBN-KSBDSI kepada Menteri Perumahan Rakyat RI Jln. Raden patah I/1 Kebayoran baru Jakarta selatan dengan surat nomor : 031/MPBN-KSBDSI/ORG/VII/2012 tanggal 4 juli 2012.

7. MPBN-KSBDSI/FSBDSI dan semua unsur terkait demi ketertiban dan keamanan masyarakat buruh/pekerja diseluruh Indonesia kami sangat mengharapkan pelaksanaan program bantuan dana subsidi pembangunan rumah layak huni cicilan sangat murah bagi buruh/pekerja dan golongan terkait PNS, TNI dan Polri dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya sistem diskriminasi dari mereka itu dan MPBN-KSBDSI/FSBDSI sangat berterimakasih kepada pemerintah SBY-Budiono dalam hal ini Menteri Perumahan Rakyat RI, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI dan Dirut PT. Jamsostek (persero),Kementerian Sekretariat Negara RI dan Kementerian PPN/Bappenas RI yang telah banyak membantu dan mendukukung perjuangan MPBN-KSBDSI/FSBDSI, beserta unsur terkait atas segala kepercayaannya selama ini untuk melakukan sosialisasi pelaksanaan program pemerintah secara tertib dan aman,kami ucapkan terimakasih sekali lagi, semoga Tuhan Yang Maha Esa Selalu Melindungi kita semua dalam memperjuangkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesia secara tertib dan damai dari sabang sampai merauke dan dari pulau rote kepulau miangas 5 mil ke utara.

Presiden MPBN-KSBDSI berpesan kepada Menakertrans RI, Menteri Perumahan Rakyat RI,Dirut.PT.Jamsostek (persero), dan semua pejabat pelayan public yang telah mendapatkan undangan dari panitia bersama DPD-FSBDSI Provinsi Sulawesi Tenggara apabila berhalangan karena kesibukannya dan acara yang sangat padat untuk tidak mengecewakan anggota MPBN-KSBDSI/FSBDSI yang menunggunya dengan penuh harapan diharapkan dapat mengirimkan utusannya untuk dapat menghadiri acara Sosialisasi Percepatan Pembangunan Rumah Layak Huni Cicilan Sangat Murah bagi Buruh/Pekerja peserta Jamsostek anggota MPBN-KSBDSI/FSBDSI Di Kendari Sulawesi Tenggara pada tanggal 15-16 oktober 2012.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Airin Menjawab Kritik Kinerja [HUT ke-6 Kota …

Gapey Sandy | | 26 November 2014 | 07:09

Situ Bungur dalam “CMORE” (HUT …

Agung Han | | 26 November 2014 | 07:13

Waduh! Denda 5000€ Untuk Rumah Bercat …

Gaganawati | | 26 November 2014 | 19:06

The Hunger Games-Reality Show? …

Iwan Permadi | | 26 November 2014 | 17:39

Tulis Aspirasi dan Inspirasi Aktif Bergerak …

Kompasiana | | 24 November 2014 | 20:22



HIGHLIGHT

Rayuan Pohon Beringin …

Robby Anugerah | 9 jam lalu

Dalam Sebuah Hubungan, Jangan Gantung …

Syaiha | 9 jam lalu

Saran yang Menyesatkan Dari Petugas Call …

Erwin Mulialim | 9 jam lalu

Pangdam VII/Wirabuana Bakal Bekali Wawasan …

Ilmaddin Husain | 9 jam lalu

Pemuda Sebagai Ide …

Muhammad Handar | 10 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: