Back to Kompasiana
Artikel

Bisnis

Proyek MP3EI Harus Fokuskan Luar Pulau Jawa

OPINI | 12 June 2013 | 15:27 Dibaca: 134   Komentar: 3   0

Pada bulan Mei lalu, usia Proyek Pembangunan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) telah memasuki 1 tahun. Dalam pelaksanaannya proyek tersebut masih sesuai dengan rencananya, dimana diketahui selama tahun 2012 lalu sebanyak 39 proyek dengan nilai investasi Rp 195,9 triliun, serta sektor rill sekitar 50 proyek dengan nilai investasi Rp 294,8 triliun. Dengan kata lain bahwa proyek MP3EI telah sesuai mekanismenya dalam pencapaian target pembangunan yang lebih baik lagi.

Kehadiran proyek MP3EI sebenarnya memberikan nuansa baru pada perekonomian nasional. Hal tersebut bisa terlihat dengan kemajuan perekonomian nasional yang semakin pesat. Program MP3EI yang di gagas oleh Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengimplikasikan bahwa berbagai kebijakan dan keputusan tepat untuk membangun perekonomian Indonesia telah tepat adanya. Dan terbukti Indonesia semakin kuat dalam tingkat pertumbuhan perekonomian nasional.
Dengan adanya pencapaian target pembangunan melalui proyek MP3EI tersebut, setidaknya pemerintah berupaya agar pembangunan disetiap daerah bisa lebih merata, agar perekonomian nasional berkembang baik. Namun kali ini melalui Menteri Koordinator Perekonomian RI yang menyatakan bahwa, koridor ekonomi harus terus dikembangkan bukan hanya pulau Jawa saja, menjadi sebuah perhatian khusus bahwa target perekonomian nasional setidaknya harus diwujudkan bersama dan merata di setiap wilayah Indonesia.
Memang kita ketahui bersama bahwa perkembangan perekonomian nasional kini hanya berkisar pada pulau Jawa saja, namun dengan sebuah perhatian khusus dari pemerintah bahwa akan terus menargetkan perkenomian nasional untuk terus dikembangkan bukan hanya di pulau Jawa saja itu bisa dimungkinkan, sebab kualitas daerah yang ada di Indonesia ini sebenarnya tidak kalah bersaing dengan pulau Jawa.
Penulis yakin dengan adanya Sumber Daya Alam serta Sumber Daya Manusia yang ada di tiap daerah, kita akui bersama harus lebih dimatangkan lagi, sebab dengan adanya kedua dukungan tersebut dapat dipastikan akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Dengan SDA dan SDM yang baik dapat dimungkinkan terciptanya stabilitas perekonomian yang cukup baik dan berkembang pesat.
Hal tersebut dapat dimungkinkan bahwa investor akan bermunculan ditiap daerah, dengan adanya investor yang berminat menginvestasikan dananya di Indonesia alhasil akan mempengaruhi tingkat perekonomian rakyat. Oleh sebab itulah kiranya proyek MP3EI tersebut selayaknya harus didukung bersama, khususnya untuk luar Jawa.
Program MP3EI bisa terbilang memberikan angin segar pada kondisi ekonomi nasional saat ini. Selaku rakyat kita patut memberikan applaus yang baik sekali terhadap negara ini yang telah membawa perubahan yang signifikan, dan kita juga harus apresiatif terhadap seorang Menko Perekonomian Hatta Rajasa dengan kebijakan dan pemikiran-pemikiran positif kepada Indonesia. Hal tersebut menjadikan Indonesia kini dipandang oleh negara-negara bukan hanya sebelah mata saja, melainkan kini Indonesia dipandang menjadi sebuah negara yang diakui akan kekuatan perekonomiannya.
Menurut hemat penulis pembangunan proyek MP3EI ini telah sesuai dengan harapan bangsa Indonesia yang mengedapkan tingkat pertumbuhan perekonomian yang baik. Harapan kedepannya memang selayaknya Indonesia bisa lebih mengedepankan proyek pembangunan, baik itu sektor riil maupun sektor yang lainnya untuk dapat dilaksanakan dengan cepat. Kita juga harus yakini bersama, bahwa Indonesia memang telah dipandang oleh dunia karena Indonesia memang layak untuk menginvestasikan modalnya pada negara ini. Setidaknya kita tahu Indonesia sendiri tidak berdampak pada krisis global yang melanda pada negara-negara berkembang lainnya. Dengan kepercayaan diri inilah Indonesia perlu sekali untuk lebih mempromosikan negara ini sebagai salah satu negara yang baik untuk berinvestasi.
Bayangkan saja ketika Indonesia kini dipandang ekonomi yang mampu bertahan terhadap krisis globalisasi di dunia, berarti menunjukan bahwa ekonomi Indonesia berkembang pesat. Sementara pemerintah sendiri dalam hal ini Menteri Koordinator Perekonomian menegaskan bahwa proyek MP3EI ini harus berjalan sesuai dengan mekanismenya. Pendapat penulis memang selayaknya Indonesia dapat berperan dalam peningkatan pertumbuhan perekonomian di tingkat nasional.
Jadi banyak harapan bangsa ini menjadi bangsa yang punya landasan kuat dalam bidang perekonomian. Hal tersebut juga dapat dibuktikan, pada peningkatan pendapatan rakyat yang stabil. Karena itulah Indonesia kini dapat berbangga diri, bahwa perekonomian Indonesia merangkak naik, dan juga banyaknya dukungan negara-negara yang mempercayakan bahwa Indonesia memang layak untuk menanamkan modalnya.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Pemuda Papua Unjuk Kreativitas Seni ‘Papua …

Viktor Krenak | | 28 November 2014 | 11:45

Harusnya Nominal Subsidi Tetap 1500 Perak, …

Dhita A | | 28 November 2014 | 13:34

Terpana Danau Duma …

Lukman Salendra | | 28 November 2014 | 12:25

Senangnya Terpilih Menjadi Host Moderator …

Edrida Pulungan | | 28 November 2014 | 13:43

Ayo Tulis Ceritamu untuk Indonesia Sehat! …

Kompasiana | | 25 November 2014 | 21:46



HIGHLIGHT

Perkembangan Pandangan “Kiri” …

Bobby Rizky Irawan | 8 jam lalu

PreJebul: Rumah …

Kampretos | 8 jam lalu

Madura Touring …

Poernamasyae | 8 jam lalu

Impian Saya, Ayah Memberdayakan Diri …

Giri Lumakto | 8 jam lalu

Memilih Kendaraan Pengantin yang Sederhana …

Mas Ukik | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: