Back to Kompasiana
Artikel

Manajemen

M. Arief Gusti Putra

Saya adalah seorang mahasiswa dan rakyat jelata yang berharap negeri ini dapat kembali jaya, berharap selengkapnya

Bagaimana Sih Cara Mengatur Waktu yang Efektif?

OPINI | 09 February 2013 | 08:24 Dibaca: 1481   Komentar: 0   0

manajemen waktu

Tulisan karya @udaarief yang juga dimuat di http://www.ariefgusti.com

Mengatur waktu mungkin menjadi suatu hal yang sulit bagi sebagian orang, apa lagi bagi mereka yang sudah terbiasa hidup bagai air yang mengalir, mengikuti saja apa yang akan terjadi. Membagi waktu mungkin juga akan terasa menyusahkan bagi mereka yang kebanjiran pekerjaan hingga akhirnya sulit membagi waktu dan menentukan prioritas. Hal ini bisa memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan mereka, mulai dari perencanaan kegiatan yang kacau, sakit hingga dapat menimbulkan stress yang berkepanjangan.

Namun, ternyata di sisi lain kesadaran kita untuk mempelajari bagaimana memanajemen waktu masih sangat minim dan rendah. Entah ini karena kita menganggap hal ini hanyalah hal yang sepele atau karena kita ternyata tidak mampu bahkan enggan meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Mungkin sudah saatnya bagi kita untuk lebih peduli dengan waktu yang diberikan bagi kita, sehingga kita dapat memaksimalkannya dan menggunakannya efektif.

Apakah manfaat yang akan kita dapatkan? Banyak banget bro. Beberapa manfaat yang akan kita dapatkan antara lain:

-          Full Spirit!! Kita akan selalu bersemangat menjalani hidup

-          Hidup kita menjadi seimbang, baik itu pekerjaan/pendidikan, keluarga dan refreshing

-          Kita dapat mencapai impian kita

-          Selalu termotivasi untuk action!

-          Terhindar dari stress, pusing dan depresi

-          Tugas dapat selesai tepat waktu

Dari sini kita dapat melihat ternyata saat kita mampu untu mengatur waktu kita dengan baik, kita akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dan manfaat.

Lalu bagaimana cara mengatur waktu itu? Nah Satria Hadi Lubis dalam bukunya “Breaking The Time” memaparkan ada 5 tahapan untuk memanajemen waktu. Apa saja itu?

1. Membuat misi

2. Menentukan peran

3. Membuat visi peran

4. Membuat rencana pekanan

5. Membuat rencana harian

“Barang siapa hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka ia celaka. Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia merugi. Dan Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia beruntung.”

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Reklamasi, Mengubah Batuan Menjadi Hutan! …

Rijal Fahmi Mohamad... | | 30 January 2015 | 17:41

Langkah-langkah Terapkan Good Content dalam …

Tjiptadinata Effend... | | 30 January 2015 | 12:20

Bobot Tulisan Akademis & Fungsi Catatan …

Nararya | | 30 January 2015 | 19:33

Luis Figo, Presiden FIFA dan Ketum PSSI …

Hadi Santoso | | 30 January 2015 | 14:06

Semburat Ungu Segenggam Abu …

Marina | | 30 January 2015 | 02:34


TRENDING ARTICLES

Prabowo Bertemu Jokowi, KIH Konsolidasi …

Cindelaras 29 | 15 jam lalu

Inul Daratista Ngebor Airmata …

Arief Firhanusa | 15 jam lalu

Kalau Mau Ngartis, Kenapa Jadi Anggota DPR? …

Daniel Setiawan | 16 jam lalu

Saya Tetap Menyantap Apel Setiap Hari …

Enny Soepardjono | 20 jam lalu

Jokowi Siapkan Arena Prabowo vs Megawati …

Sowi Muhammad | 21 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: