Back to Kompasiana
Artikel

Marketing

Fitri.y Yeye

Wanita biasa yang sangat sederhana. Penulis Novel Satu Cinta Dua Agama

Tips Merayu Agar Pelanggan Tidak Lari

OPINI | 05 May 2011 | 00:33 Dibaca: 2701   Komentar: 15   1

Apakah anda seorang penjual yang baik? Jika belum mari belajar. Saya juga sedang belajar bagaimana menjadi sorang “perayu” yang benar, hingga bisa menjadi penjual yang baik dan menyenangkan. Menjadi penjual memang tidak mudah, karena anda akan dihadapkan pada konsumen yang beraneka macam ulahnya. Mulai dari konsumen yang nurut, tidak banyak nuntut sampai konsumen rewel. Anda harus punya jurus jitu agar pelanggan anda tidak lari dari tempat anda.

Berikut ini tips untuk merayu pelanggan agar tidak meninggalkan anda tanpa belanja.

Pertama : Perhatikan Penampilan

pastikan penampilan anda menarik hati pelanggan, pakaian wajah terutama senyum jangan lepaskan dari bibir anda. Tetaplah perlihatkan wajah ramah dan bersahabat hingga pelanggan betah berada di dekat anda.

Kedua : Percaya Diri

Ini adalah poin penting yang harus anda miliki. Tidak hanya pada diri anda. Tetapi anda harus percaya dengan apa yang anda jual, sehingga anda dapat dengan mudah meyakinkan pelanggan pada produk atau barang yang anda tawarkan.

Ketiga : Pahami selera pelanggan,

untuk yang ini anda harus banyak bersabar. Karena di sinilah pelanggan mulai memperlihatkan ulahnya. Anda harus menjadi pendengar yang baik, saat mereka mengungkapkan penilaiannya terhadap produk anda. Suka ataupun tidak suka dengan komentarnya anda harus mampu memberikan jawaban bijak yang menyenangkan hatinya. Bukan sebaliknya yang membuat dia marah dan malas berbelanja di tempat anda.

Keempat : Memuji Pelanggan

saat anda telah memahami selera konsumen maka anda harus bisa meringankan lidah anda untuk memujinya. Tidak ada salahnya kan memuji orang lain? Apalagi calon pelanggan anda. Karena pada dasarmya manusia memang senang menerima pujian. Tetapi tetap ingat jangan memuji berlebihan.sekedarnya saja. Dan yang kira-kira bisa diterima logika.

Jika hal ini anda lakukan setiap hari, yakinlah anda akan mmpunyai pelanggan setia.

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman sendiri. Semoga bermanfaat. Silakan tambahkan pada kolom komentar jika anda punya tips jitu yang lainnya.

Selamat Malam

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Bilangan Bahasa Jawa is Very Difficult …

Eddy Roesdiono | | 25 January 2015 | 13:07

Mengapa Komentar Menkopolhukam Tedjo …

Fandi Sido | | 25 January 2015 | 13:36

Kota Malang: Dulu Ijo Royo-royo, Sekarang …

Sri Krisna | | 25 January 2015 | 13:48

Yang Baru di Formulir SPT PPh Orang Pribadi …

Andre Jayaprana | | 25 January 2015 | 08:15

[Tutorial] Google Hangout dan Cara …

Kompasiana | | 09 January 2015 | 22:15


TRENDING ARTICLES

Surat Terbuka kepada Megawati Sukarnoputri …

Ilyani Sudardjat | 7 jam lalu

Dewasanya Polri, Liciknya Oknum KPK …

Ar Kus | 7 jam lalu

Saran Urgent agar Jokowi Tidak Tumbang di …

Teguh Sunaryo | 10 jam lalu

Sikap Jokowi Menang Tanpa Menyakiti Lawan …

Bagoes Triatmojo | 12 jam lalu

Kekeliruan Hendropriyono dan Tedjo soal …

Muslihudin El Hasan... | 12 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: