Back to Kompasiana
Artikel

Marketing

Fitri.y Yeye

Wanita biasa yang sangat sederhana. Penulis Novel Satu Cinta Dua Agama

Tips Merayu Agar Pelanggan Tidak Lari

OPINI | 05 May 2011 | 00:33 Dibaca: 2666   Komentar: 15   1

Apakah anda seorang penjual yang baik? Jika belum mari belajar. Saya juga sedang belajar bagaimana menjadi sorang “perayu” yang benar, hingga bisa menjadi penjual yang baik dan menyenangkan. Menjadi penjual memang tidak mudah, karena anda akan dihadapkan pada konsumen yang beraneka macam ulahnya. Mulai dari konsumen yang nurut, tidak banyak nuntut sampai konsumen rewel. Anda harus punya jurus jitu agar pelanggan anda tidak lari dari tempat anda.

Berikut ini tips untuk merayu pelanggan agar tidak meninggalkan anda tanpa belanja.

Pertama : Perhatikan Penampilan

pastikan penampilan anda menarik hati pelanggan, pakaian wajah terutama senyum jangan lepaskan dari bibir anda. Tetaplah perlihatkan wajah ramah dan bersahabat hingga pelanggan betah berada di dekat anda.

Kedua : Percaya Diri

Ini adalah poin penting yang harus anda miliki. Tidak hanya pada diri anda. Tetapi anda harus percaya dengan apa yang anda jual, sehingga anda dapat dengan mudah meyakinkan pelanggan pada produk atau barang yang anda tawarkan.

Ketiga : Pahami selera pelanggan,

untuk yang ini anda harus banyak bersabar. Karena di sinilah pelanggan mulai memperlihatkan ulahnya. Anda harus menjadi pendengar yang baik, saat mereka mengungkapkan penilaiannya terhadap produk anda. Suka ataupun tidak suka dengan komentarnya anda harus mampu memberikan jawaban bijak yang menyenangkan hatinya. Bukan sebaliknya yang membuat dia marah dan malas berbelanja di tempat anda.

Keempat : Memuji Pelanggan

saat anda telah memahami selera konsumen maka anda harus bisa meringankan lidah anda untuk memujinya. Tidak ada salahnya kan memuji orang lain? Apalagi calon pelanggan anda. Karena pada dasarmya manusia memang senang menerima pujian. Tetapi tetap ingat jangan memuji berlebihan.sekedarnya saja. Dan yang kira-kira bisa diterima logika.

Jika hal ini anda lakukan setiap hari, yakinlah anda akan mmpunyai pelanggan setia.

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman sendiri. Semoga bermanfaat. Silakan tambahkan pada kolom komentar jika anda punya tips jitu yang lainnya.

Selamat Malam

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Menghadiri Japan Halal Expo 2014 di Makuhari …

Weedy Koshino | | 27 November 2014 | 16:39

Bu Susi, Bagaimana dengan Kualitas Ikan di …

Ilyani Sudardjat | | 27 November 2014 | 16:38

Saya Ibu Bekerja, Kurang Setuju Rencana …

Popy Indriana | | 27 November 2014 | 16:16

Peningkatan Ketahanan Air Minum di DKI …

Humas Pam Jaya | | 27 November 2014 | 10:30

“Share Your Dreams” dengan Paket …

Kompasiana | | 26 November 2014 | 11:24



HIGHLIGHT

Fenomena: PILWU Wujud Demokrasi Desa, Antara …

Sutrisno - | 7 jam lalu

SKK Migas Gagal Lakukan Transparansi Penuh …

Bayu Mustaqim Wicak... | 7 jam lalu

Peringatan! Jadi Guru Les Jangan …

Thuluw Muhlis Romdl... | 8 jam lalu

Ngoplak Bareng Pak Jonan, Pak Ahok, Pak …

Priadarsini (dessy) | 8 jam lalu

Esensi Talkshow, English Corner, Dari …

Rahmat J | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: