Back to Kompasiana
Artikel

Marketing

Reza Wahyu

Seorang Manager di Bank BUMN. Hobi membaca dan menulis. Minat di bidang Marketing, Motivasi, dan selengkapnya

3 Tips Marketing yang Efektif

OPINI | 14 July 2012 | 11:53 Dibaca: 378   Komentar: 1   0

100motivasi.wordpress.com -

Berikan mereka kualitas, itu adalah jenis iklan yang terbaik. -Milton Hershey

Ada tiga upaya pemasaran yang telah teruji paling menentukan kesuksesan dari penjualan suatu produk atau jasa. Ketiga tips marketing efektif menurut blog 100motivasi adalah sebagai berikut.

Pertama, kemukakan manfaat atau benefit dari setiap komunikasi kepada pelanggan. Iklan, brosur, spanduk, billboard, kemasan, presentasi lisan oleh sales person, dan sebagainya harus mengungkapkan manfaat secara langsung dan jelas yang bukan hanya sekedar fitur-fitur yang terdapat pada suatu produk.

Hal ini disebabkan karena manfaat langsung yang jelas akan lebih persuasif daripada sekedar fitur yang cenderung bersifat teknis. Misalnya; sebuah mesin cetak (printer) dipromosikan bisa juga untuk memfotokopi, mengirimkan fax, dan memindai/scan.

Semuanya masih berupa fitur. Sedangkan manfaat yang jelas bisa dirumuskan dengan menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari sang pelanggan. Bisa saja dia sudah memiliki kesemua mesin tersebut (printer, fax, xerox, scanner) dan tidak butuh mesin yang baru.

Tetapi dengan mengemukakan manfaat langsung yang jelas, pesan pemasaran tersebut bisa menjadi lebih persuasif atau membujuk prospek agar mau membelinya.

Contohnya, sang penjual bisa mengungkapkan betapa iritnya mesin itu dan dapat sangat menghemat tempat. Meringankan kerumitan dengan pengoperasian beragam fungsi oleh satu mesin saja. Meningkatkan produktivitas dengan efisiensi dan kecepatan mencetak yang lebih tinggi untuk hasil cetak yang lebih banyak, dan sebagainya.

Intinya adalah: fitur hanya menunjukkan kualifikasi keunggulan produk saja secara teknis tapi kurang persuasif. Sedangkan manfaat langsung yang jelas bisa sangat membujuk karena pelanggan tidak perlu berpikir secara rumit.

Jadi, manfaat menunjukkan hasil yang bisa didapat dari penggunaan/konsumsi produk sehingga bisa membantu konsumen mencapai tujuan bisnisnya atau kepuasan dari pemenuhan kebutuhannya.

Tips yang kedua adalah membangun kepercayaan atau reputasi bahwa produk atau perusahaan yang telah mempromosikan manfaat dari fitur-fitur produknya memang mampu memberikan manfaat tersebut.

Upaya marketing perusahaan harus didukung dengan alasan dan kompetensi yang kuat. Raih kepercayaan pelanggan dengan membangun reputasi yang berkualitas. Yakinkan prospek bahwa produk kita memang sanggup memberikan manfaat yang dikemukakan.

Caranya bisa dengan melengkapi komunikasi pemasaran tentang kualitas produk, keahlian sumber daya manusia, kepakaran serta ilmu terbaru, pengalaman perusahaan, proses produksi yang unggul, dan teknologi terkini yang digunakan.

Testimoni atau kesaksian dari para ahli, orang yang berpengaruh, artis-selebritis, dan para pelanggan yang puas juga bisa digunakan untuk meyakinkan prospek serta pelanggan. Pelayanan yang unggul adalah kunci marketing yang sukses seperti yang pernah saya tulis di blog 100motivasi.wordpress.com ini, silahkan klik disini untuk membacanya.

Tips yang terakhir atau yang ketiga dalam upaya marketing efektif adalah menyatakan perbedaan dan keunggulan perusahaan atau penjual dari kompetitor. Hal ini untuk mengundang prospek dan pelanggan memilih untuk membeli dari kita daripada para pesaing.

Jika ada seseorang atau suatu organisasi yang ingin mendapatkan satu produk atau jasa yang jelas-jelas bermanfaat secara langsung maka dia akan mencarinya di pasar. Pasar yang diisi oleh beragam penjual yang terpercaya yang masing-masing memiliki reputasi yang bagus.

Lalu, bagaimana kita unggul dari begitu banyaknya pesaing yang juga mampu memberikan produk bermanfaat secara terpercaya? Jawabannya adalah diferensiasi. Diferensiasi adalah harga mati di pasar yang kompetitif.

Para pakar marketing dan ahli dalam manajemen pemasaran menyebutnya sebagai diferensiasi yang dramatis, blue ocean strategy (strategi laut biru), dan sapi ungu atau purple cow (Seth Godin). Saya telah membahasnya di blog 100motivasi ini pada satu tulisan tersendiri.

Silahkan klik disini jika ingin membaca dan mengetahui wawasan tentang tips ketiga dalam usaha marketing yang efektif. Dan saya masih punya tips keempat dan kelima yang juga telah teruji dan terbukti dapat meningkatkan kesuksesan dalam berpromosi. Stay tuned!

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Belajar Tertib Anak-anak Jepang di Taman …

Weedy Koshino | | 01 September 2014 | 14:02

Karet Loom Bands Picu Kanker …

Isti | | 01 September 2014 | 20:48

Manajemen Pergerakan dan Arah Perjuangan …

Jamesallan Rarung | | 01 September 2014 | 22:12

Florence …

Rahab Ganendra | | 01 September 2014 | 19:09

9 Kompasianer Bicara Pramuka …

Kompasiana | | 01 September 2014 | 13:48


TRENDING ARTICLES

Ratu Atut [Hanya] Divonis 4 Tahun Penjara! …

Mike Reyssent | 7 jam lalu

Pak Jokowi, Saya Jenuh Bernegara …

Felix | 13 jam lalu

Dilarang Parkir Kecuali Petugas …

Teberatu | 14 jam lalu

Ini Kata Rieke Dyah Pitaloka …

Uci Junaedi | 14 jam lalu

Ini Pilihan Jokowi tentang Harga BBM …

Be. Setiawan | 15 jam lalu


HIGHLIGHT

Koalisi Merah Putih di Ujung Tanduk …

Galaxi2014 | 7 jam lalu

Pemuda Solusi Terbaik Bangsa …

Novri Naldi | 8 jam lalu

Rasa Yang Dipergilirkan …

Den Bhaghoese | 8 jam lalu

Kisah Rhoma Irama “Penjaga …

Asep Rizal | 9 jam lalu

Marah, Makian, Latah. Maaf Hanya Ekspresi! …

Sugiyanto Hadi | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: