Back to Kompasiana
Artikel

Marketing

Dian Kelana

Ilmu tidak didapatkan disekolah, tapi pada kemauan belajar. dan Tuhan tidak akan mengubah nasib kamu, selengkapnya

Mengikuti Special Flight Indosat SuperWiFi Keliling Jakarta

REP | 19 April 2013 | 04:14 Dibaca: 259   Komentar: 4   1

Presiden Direktur & CEO Indosat Alexander Rusli saat memberikan kata sambutan

Belakangan ini kita semakin sering mendengarkan orang menyebutkan Wifi. Bagi orang awam mungkin nama ini masih sedikit membingungkan, namun tidak bagi mereka yang sudah menjadikan gadget sebagai  istri pertama, maupun suami pertama. Bagi yang sudah berkeluarga gadget ini malah menjadi madu bagi istri pertama, atau selingkuhan bagi sang istri sendiri. Bagaimana tidak, istri saja belum tentu diajak jalan-jalan sekali seminggu. Atau bagi si istri, belum tentu nemenin suami sekali seminggu.

Tapi jangan tanya soal gadget, sudah dibawa kemana-mana setiap hari, nggak peduli ke masjid atau ke toilet. Tidurpun lebih dulu ngelus gadget, bukannya yang disebelahnya. Busyet…

Nah, bagi penggila gadget inilah, kini Wifi ini menjadi kebutuhan kedua yang juga sangat di cari keberadaannya. Tak peduli apakah itu di mall-mall atau warung kopi yang berpendingin ruangan dan lain-lainnya. Banyak memang yang sudah menyediakannya, tapi tentu saja dengan embel-embel dan tidak gratis. Walaupun katanya gratis, tapi harus pakai password, dan untuk mendapatkan password anda harus jajan dulu di tempat mereka, walau itu hanya secangkir kopi. Tapi harga kopinya beda sama kopi yang di warteg, walaupun rasa kopinya sama saja atau beda-beda tipis.

Menanggapi kebutuhan akan wifi yang semakin meningkat itu, Indosatpun melangkah lebih jauh. Yaitu meluncurkan Indosat Super WiFi. Sistem jaringan wifi yang pada situasi puncaknya mencapai 20MB. Bukan hanya 1 atau 3MB.

Untuk membuktikan dan memberikan pengalaman terbaik pelanggan dalam menggunakan layanan Indosat Super WiFi ini. Maka pada hari Kamis 11 April lalu, Indosat mengajak hampir 40 orang yang terdiri dari wartawan media cetak, televisi serta penulis independen yang lebih dikenal sebagai blogger, mengadakan drive test di beberapa lokasi yang telah dipasang peralatan transmisi Indosat SuperWifi itu. Para tamu istimewa ini melakukan perjalanan ke kawasan Segi Tiga Emas dan melakukan uji coba langsung Indosat Super WiFi di lokasi sentra transportasi, perkantoran serta pusat hangout di kawasan segitiga emas yaitu Stasiun Gambir, Se7en Eleven Menteng, kawasan halte Busway GOR Sumantri Kuningan dan SCBD. Dengan hasil ini diharapkan pelanggan dapat menikmati layanan internet dengan cepat, nyaman dan akses yang mudah menggunakan Indosat Super WiFi.

Para Wartawan dan Blogger yang mengikuti DriveTest Indosat Super WiFi, saat mendengarkan sambutan dari Alexander Rusli

Uji layanan Indosat Super WiFi ini dilakukan guna memantau kualitas layanan Indosat di lapangan yang akan menjadi masukan bagi Mereka dalam peningkatan dan pengembangan layanan Indosat ke depan, serta memastikan pelanggan mendapatkan kualitas layanan terbaik dari Indosat. Layanan Indosat Super WiFi hadir untuk para pelanggan yang menginginkan koneksi internet yang cepat dan nyaman.

Adapun beberapa indikator pelayanan yang dites saat proses berlangsung, adalah sebagai berikut :

  • Kantor Indosat – Speed Test & Streaming – kecepatan sampai dengan 35 Mbps
  • Stasiun Gambir – Speed Test & Info KRL Apps – kecepatan sampai dengan 20 Mbps
  • Se7en Eleven – Speed Test & You Tube, Social Media – kecepatan sampai dengan 20 Mbps
  • GOR Sumantri – Speed Test & Browsing - kecepatan sampai dengan 10 Mbps

Indosat Super WiFi adalah Layanan Internet Unlimited melalui jaringan Wi-Fi dengan kecepatan tinggi hingga 20 Mbps yang diperuntukan bagi seluruh pelanggan Prabayar & Paskabayar Indosat secara GRATIS (selama masa promo). Indosat Super WiFi sudah mendukung teknologi EAP-SIM (Extensible Authentication Protocol-SIM), yaitu teknologi yang memungkinkan pengguna dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi Indosat tanpa harus mengisi Username & Password (seamless), namun cukup menggunakan SIM Card Indosat yang masih dalam periode masa aktif.

Langkah penting yang perlu diperhatikan lainnya yaitu jenis perangkat yang digunakan. Memang tidak semua perangkat bisa menangkap teknologi seamless. Teknologi seamless dapat digunakan untuk piranti yang mendukung teknologi EAP-SIM. Beberapa piranti tersebut yaitu handset dengan Sistem Operasi Android, Blackberry, Apple iOS, Windows Phone.

Bagi pelanggan Indosat yang saat ini belum memiliki Handset yang mendukung teknologi EAP-SIM juga dapat menikmati layanan Indosat Super Wi-Fi, namun sebelumnya pelanggan harus mengisi Username & Password yang dapat diperoleh dengan mengirimkan SMS ketik SUPERWIFI kirim ke 363 (Gratis).

Indosat Super WiFi tidak dapat digunakan jika:

Menggunakan Sim Card Operator lain

  • SIM Card sudah expired
  • SIM Card dalam masa tenggang
  • SIM Card dalam status softblock / hardblock
  • SIM Card tidak mempunyai pulsa

Pelanggan bisa menggunakan Indosat Super WiFi di lokasi-lokasi seperti Hotel, Kantor, Rumah Sakit, Universitas, Mall, Cafe/Restoran, Stasiun, dst yang saat ini tersebar luas dibeberapa kota seperti Bali, Batam, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kediri, Malang, Medan, Semarang, Solo, Surabaya.

Hasil pengetesan Indosat SuperWiFi di kantor pusat Indosat

Selama masa promosi, Indosat memberikan layanan special untuk pelaggan yaitu selama 24 jam non stop pelanggan dapat menggunakan akses hot spot di jaringan Super WiFi Indosat tanpa ada batasan kuota (Unlimited).

Saat ini jumlah titik Hot Spot Indosat Super WiFi sudah mencapai lebih dari 2.600 lokasi, dan jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan komitmen Indosat untuk memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan.

Untuk kenyamanan pelanggan pada saat mengakses internet via Indosat Super WiFi, mulai bulan Maret 2013, pelanggan dapat menggunakan Hotspot/SSID sebagai berikut :

Untuk Handset yang saat ini mendukung teknologi EAP-SIM (tidak perlu input username & password)
Parameter dasar :

Hotspot/SSID : SuperWiFi-SIM
Security Type/EAP Method : EAP-SIM atau SIM

Untuk Handset yang saat ini belum mendukung teknologi EAP-SIM
Sebelumnya pelanggan harus meminta username & password dengan mengirim SMS ke 363 (Gratis) dengan perintah :Ketik: SUPERWIFI kirim ke 363

Detail tempat dan lokasi hotspot Indosat Super WiFi dapat dilihat di website www.indosat.com/superwifi atau bagi pengguna handset Android, dapat mengunduh aplikasi Indosat Super WiFi secara gratis melalui Google Play Store. Aplikasi Indosat Super WiFi ini juga dapat digunakan sebagai connection manager, sehingga untuk handset android yang belum mendukung teknologi EAP-SIM bisa terkoneksi langsung ke jaringan Indosat Super WiFi tanpa harus melakukan setting manual. So Simple and So Seamless.

Sebagai salah seorang blogger senior, (ya iyalaaah, yang lain kan baru duapuluhan lewat dikit).  Saya mengikuti ajang drive test ini sebagai penumpang flight kedua (duh gayanye). Namanya juga special flight, maka captain pilot Eko pun berseragam resmi seperti  pilot flag carrier Gatotgaca Airways, didampingi tiga pramugari cantik dengan seragam “bupati” (tahu kan yang saya maksudkan?). Sayangnya special flight ini tidak bisa terbang tinggi, karena sayap pesawatnya masih nyangkut di pabrik (uhuk..), sehingga hanya bisa meluncur kalem sepanjang jalan Jakarta.

Setelah Presiden Direktur & CEO Indosat Alexander Rusli  memberikan kata sambutan  selamat datang  menjelang keberangkatan dari kantor pusat Indosat yang jangkung di sudut jalan Merdeka Barat, yang berseberangan dengan gudang uang Bank Indonesia. Sebagai ajang pembuktian kehebatan Indosat SuperWifi ini, sayapun lalu melakukan Speedtest pertama dengan Samsung Galaxy mini 2 saya. Hasilnya? Mantap, Ping 55ms, Download 8264kbps dan Upload 2088kbps.

Lho kenapa downloadnya tidak mencapai 20MB? Lha, iya laah. Wong lebih dari seratus orang yang hadir di sana mengakses Indosat Super WiFi  semua, tentu saja terjadi penurunan kapasitas. Ibaratnya sajian makan siang sebakul besar, kalau dimakan sendiri ya nggak habis. Coba di bagi-bagi, ya masing-masing kebagian satu piring. Tapi walaupun satu piring tapi cukup tho? Dibanding kebagian cuma satu sendok? Ayo coba…!

Foto bersama dengan Presiden Direktur & CEO Indosat Alexander Rusli di depan kantor pusat Indosat

Selesai mengadakan speedtest kami bergerak keluar dari beranda gedung Indosat. Special flight kami akan segera melakukan take off meninggalkan kantor pusat Indosat. Tapi sebelum naik bus, (lho bukan pesawat tho?) kami berfoto bersama dulu di pendopo tiang bendera gedung Indosat bersama sang Big Boss Indosat,  Alexander Rusli.

Karena saya berada di kloter ke-2, (caelah, memangnya jemaah haji ?), maka kami yang serombongan terpaksa menunggu dulu kloter 1 berangkat duluan. Sebab bus yang akan kami tumpangi,  juga masih di karantina  di lapangan parkir IRTI Monas.

Begitu bus datang, bagai menyambut pejabat penting, selembar karpet kuning terbentang menuju bus yang akan kami tumpangi. Dua “pramugari” Indosat menyambut kedatangan kami, dengan aneka pilihan minuman dan makanan kecil yang berada di atas nampan yang mereka sodorkan kepada kami. Satu persatu para wartawan maupun blogger yang mengikuti Drivetest Indosat Super WiFi ini, menaiki bus yang telah menunggu kedatangan kami.

Hamparan karpet kuning menyambut kedatangan para peliput Drivetest Indosat SuperWiFi

Di dalam bus yang nyaman dengan pendingin udara, tubuh kami yang tadinya berkeringat diterpa matahari pagi, berangsur menjadi segar. Dan yang membuat lebih segar lagi, di setiap kursi di dalam bus itu, sebuah tas berwarna kuning ikut menunggu kedatangan kami. Ya, sebuah goodybag yang isinya tidak usahlah saya ungkapkan disini, nggak enak hati. Karena akan membuat ngiri anda sekalian.

Dipilih-dipilih, mumpung gratis…

Bila dalam suatu penerbangan, tugas kapten pilot adalah mengemudikan pesawat. Maka dalam Special flight Indosat SuperWiFi ini, sang kapten Eko berganti profesi menjadi pemandu perjalanan atau tour leader.

Dalam perjalanan dari kantor pusat Indosat menuju Stasiun Gambir sebagai arena Drive Test pertama, kami juga diberikan kesempatan bertanya jawab seputar Indosat Super WiFi dengan  Sumantri Joko Yuwono, Group Head Innovation & Technical Marketing Support Indosat.

Captain Pilot Eko, yang beralih fungsi menjadi tour leader, mendampingi Sumantri Joko Yuwono, Group Head Innovation & Technical Marketing Support Indosat, saat tanya jawab dengan para peserta

Sampai di Stasiun Gambir, kami semua turun dari bus. Kami berjalan menuju ruang tunggu utama stasiun di lantai dasar. Dengan sedikit pengantar dari Indosat, pengetesan sistem Indosat Super WiFi inipun dilakukan. Kembali saya ikut melakukan pengetesan dengan handset saya. Hasilnya: Download 8547 Mps, Upload 3175 Mps dan Ping 62Ms. Hasil pengetesan di Stasiun Gambir ini lebih tinggi dibanding yang di kantor pusat Indosat. Ini bisa dimaklumi, karena yang memanfaatkan fasilitas Super WiFi ini di Stasiun Gambir belum sebanyak yang di kantor pusat Indosat.

Sumantri Joko Yuwono, tengah menyaksikan pengetesan di Stasiun Gambir.

Selesai melakukan pengetesan di Stasiun Gambir, kami meneruskan perjalanan menuju Menteng. Tujuan kami sekarang adalah pasar modern Seven Eleven. Disambut oleh Marketing manager Seven Eleven, kami diajak ke lantai dua. Tempat yang memang didesain khusus buat mereka yang suka nangkring sambil berselancar di dunia maya.

Dalam testimoninya pimpinan Seven Eleven tersebut menyebutkan, bahwa sebelum dipasangi peralatan Indosat Super Wifi. mereka sering mendapat komplain dari pelanggan, karena wifi yang mereka punyai sangat lambat, sehingga membuat para pelanggan tersebut merasa kurang bisa menikmati kesenangannya meluncur di dunia maya. Tapi begitu Indosat Super WiFi terpasang, semua pelanggan merasa puas yang berdampak pada peningkatan pengunjung yang mendatangi toko mereka.

Marketing Manager Seven Eleven saat menyampaikan testimoninya tentang Indosat SperWiFi

Suatu hal yang mengejutkan saya waktu melakukan speedtest Indosat Super WiFi adalah, saya mendapatkan hasil yang lumayan tinggi, yaitu: Download 10784 Mps, Upload 4423Mps dan Ping 27 ms. Tapi setelah melihat situasinya sekitarnya, saya bisa mengambil kesimpulan ini disebabkan pengunjung yang berada di sini saat ini tidak begitu banyak. Total keseluruhan pengunjung termasuk rombongan kami saat itu hanya sekitar 30 orang.

Di Seven eleven ini juga dilakukan pengetesan tele conference antara Sumantri dan staf Indosat lainnya dengan dua gadget yang berbeda yaitu Samsung Galaxy dan Ipad, dengan hasil yang memuaskan.

Hasil pengetesan di Seven Eleven: Download 10784 Mps, Upload 4423Mps dan Ping 27 ms

Dari Menteng bus yang membawa kami meluncur menuju kuningan. Sasaran uji coba kami kali ini adalah halte bus TransJakarta yang berada di depan Gelanggang Olahraga Mahasiswa Sumantri Brojonegoro.

Karena tempat pengujian berada di halte busway yang berada diantara dua jalur yang berlawanan arah. Sebelum masuk ke halte, saya melakukan uji coba di halte di pinggir jalan Rasuna Said, di depan Pasar Festival. Ini saya lakukan untuk mengetahui apakah sinyal Indosat Super WiFi itu bisa dinikmati oleh mereka yang berada di pinggir jalan Rasuna Said itu, tanpa harus masuk ke halte Busway.

Halte Busway GOR Sumantri, Kuningan

Hasil yang saya dapatkan bisa dilihat sebagai berikut: Download 319 Mps, Upload 318 Mps dan Ping 224 Ms. Kecepatan ini masih cukup lumayan bila hanya untuk browsing maupun Facebookan atau Twiteran sambil menunggu bus kota lewat.

Di Halte Busway GOR Sumantri, Kuningan ini, Indosat juga melakukan pengetesan Video Streaming dari Metro TV dengan hasil yang menakjubkan. Siaran  Metro TV dapat di terima dengan jelas tanpa gangguan.

Tuntas sudah acara kami mengikuti Special Flight Indosat SuperWiFi, keliling Jakarta. Hari semakin siang, perutpun sudah lapar. Maka tujuan akhir kami siang itu adalah menikmati makan siang di Restoran Sari Kuring SCBD. Dalam sambutan penutupnya, Director & Chief Commercial Officer Indosat, Eric Meijer, mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua peserta yang terdiri dari wartawan media cetak, reporter TV maupun kami para Blogger, yang ikut dalam Drive Test Indosat SuperWiFi kali ini. Selanjutnya kamipun menikmati enaknya sesajian makan siang di Restoran Sari Kuring itu.

Director & Chief Commercial Officer Indosat, Eric Meijer, saat menyampaikan sambutan penutupnya.

Satu hal yang ditunggu tunggu juga oleh para peserta saat itu adalah undian doorprize, berupa handphone untuk 10 peserta yang beruntung. Salah seorang peserta dari Team Blogger Reporter, beuntung mendapatkan sebuah Handphone  Android merek Lenovo.

Erick Meijer berfoto bersama team IndosatM2, yang bekerja keras dalam menyukseskan program Indosat SuperWiFi ini

Team Blogger Reporter yang ikut dalam acara Drive Test Indosat SuperWiFi

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Serangan Teror Penembakan di Gedung Parlemen …

Prayitno Ramelan | | 24 October 2014 | 06:00

Petualangan 13 Hari Menjelajahi Daratan …

Harris Maulana | | 24 October 2014 | 11:53

[ONLINE VOTING] Ayo, Dukung Kompasianer …

Kompasiana | | 16 October 2014 | 14:46

Proses Kreatif Desainer Kover Buku The Fault …

Benny Rhamdani | | 24 October 2014 | 14:11

Bagi Cerita dan Foto Perjalanan Indahnya …

Kompasiana | | 22 October 2014 | 17:59


TRENDING ARTICLES

Akankah Jokowi Korupsi? Ini Tanggapan Dari …

Rizqi Akbarsyah | 4 jam lalu

Jokowi Berani Ungkap Suap BCA ke Hadi …

Amarul Pradana | 5 jam lalu

Gerindra dapat Posisi Menteri Kabinet Jokowi …

Axtea 99 | 7 jam lalu

Nurul Dibully? …

Dean Ridone | 7 jam lalu

Jokowi Tunda Tentukan Kabinet: Pamer …

Ninoy N Karundeng | 10 jam lalu


HIGHLIGHT

Ada Esensi Pembelajaran Hidup dalam Lagu …

Yunety Tarigan | 8 jam lalu

Aplikasi Info KRL Anti-ketinggalan Kereta …

Nyayu Fatimah Zahro... | 8 jam lalu

Review “The Giver” : Kegagalan …

Irvan Sjafari | 8 jam lalu

Sudah Siapkah Indonesia Menghadapi AFTA …

Ira Cahya | 8 jam lalu

Brisbane akan jadi “Ibu Kota …

Tjiptadinata Effend... | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: