Back to Kompasiana
Artikel

Moneter

Jack Soetopo

Pensiunan Tk Becak, berasal dari Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara yang kini tinggal di Denpasar, Bali. email selengkapnya

Apa Artinya Kegiatan Pencucian Uang?

OPINI | 13 February 2011 | 05:53 Dibaca: 6578   Komentar: 6   1

Menurut Wikipedia.org  adalah Pencucian uang umumnya dianggap sebagai praktek terlibat dalam transaksi keuangan untuk menyembunyikan identitas, sumber, dan / atau tujuan ilegal diperoleh uang dengan yang hasil kejahatan diubah menjadi aset yang tampaknya memiliki asal yang sah. Di Inggris definisi menjadi lebih luas. [1] Hal ini umum untuk merujuk kepada uang diperoleh secara sah sebagai “bersih”, dan uang yang diperoleh secara ilegal sebagai “kotor”.

Pencucian uang terjadi selama periode tiga langkah: pertama melibatkan distribusi fisik kas (”penempatan”), yang kedua melibatkan melakukan transaksi keuangan yang kompleks untuk menyamarkan sumber ilegal (”layering”), dan langkah terakhir memperoleh kekayaan yang dihasilkan dari transaksi dana haram (”integrasi”).

Di masa lalu, istilah pencucian uang hanya berlaku untuk transaksi keuangan yang terkait dengan kejahatan terorganisir . Hari ini definisi sering diperluas oleh pemerintah dan regulator internasional seperti Amerika Serikat Kantor Comptrollers mata uang berarti transaksi keuangan yang menghasilkan aset atau nilai sebagai akibat dari tindakan ilegal, yang mungkin melibatkan tindakan seperti penghindaran pajak atau memalsukan akuntansi . Di Inggris, bahkan tidak perlu melibatkan uang, tetapi setiap barang atau komoditi yang menyangkut ekonomi . Pengadilan melibatkan pencucian uang yang dilakukan oleh individu swasta, pengedar narkoba, bisnis, pejabat korup, anggota organisasi kriminal seperti Mafia , dan bahkan suatu negara.

Sebagai kejahatan keuangan telah menjadi lebih kompleks, dan “Intelijen Keuangan” ( FININT ) telah menjadi lebih diakui di dunia dalam memerangi kejahatan internasional dan terorisme, pencucian uang telah menjadi lebih menonjol dibidang ekonomi, dan hukum yang menjadi perdebatan politik. Pencucian uang adalah ipso facto ilegal, tindakan menghasilkan uang yang hampir selalu karena tindakan pidana dalam beberapa cara (karena jika tidak, uang tidak akan perlu dicuci).

Contohnya

1. Pengambilan Tunai,

Sebuah bisnis tetap tentu mengambil dana di bank, dan jumlah perubahan deposit ini kecil setiap minggu (misalnya toko ). Jika deposito yang sangat bervariasi tanpa alasan yang jelas ini dapat mengundang kecurigaan, tetapi jika transaksi biasa dan kira-kira sama kecurigaan mudah abaikan. Ini adalah dasar dari semua pencucian uang, track record deposito uang bersih sebelum menyelinap melalui uang kotor. Di negara Amerika misalnya, transaksi kas dan deposito lebih dari $ 10.000 harus dilaporkan oleh kasir (bank dll) sebagai “transaksi tunai yang signifikan” untuk Kejahatan Keuangan Enforcement Network FinCEN , dengan keuangan aktivitas mencurigakan lain diidentifikasi sebagai” laporan kegiatan yang mencurigakan “Dalam yurisdiksi lain yang berbasis persyaratan kecurigaan dapat ditempatkan pada karyawan dan perusahaan jasa keuangan untuk melaporkan kegiatan yang mencurigakan kepada pihak berwenang dalam hal ini FBI.

2. Business Captive

Cara lain adalah dengan memulai bisnis yang masuk kas tidak dapat dipantau, dan corong perubahan kecil ke dalamnya dan membayar pajak di atasnya. Tapi semua karyawan bank dilatih untuk menjadi terus-menerus mencari untuk transaksi yang tampaknya mencoba untuk berkeliling persyaratan pelaporan. Untuk menghindari kecurigaan, perusahaan shell harus berurusan langsung dengan masyarakat, melakukan layanan beberapa (tidak menyediakan barang fisik), dan memiliki bisnis yang wajar akan menerima uang tunai sebagai hal yang biasa. Berhadapan langsung dengan masyarakat secara tunai memberikan alasan yang masuk akal karena tidak memiliki catatan pelanggan. Sebagai contoh, penata rambut dibayarkan dalam bentuk tunai, dan bahkan jika dia tahu nama-nama pelanggannya, dia tidak tahu rincian bank mereka. Sebuah catatan potong rambut seolah-olah harus diterima sebagai bukti prima facie. Layanan bisnis memiliki keuntungan dari anonimitas yang merugikan sumber daya-tapi bahwa mereka harus berurusan dengan tunai. Sebuah bisnis yang menjual komputer telah ke account untuk komputer, sedangkan penata rambut tidak harus menghasilkan rambut dipotong, tapi tanda terima untuk komputer, bahkan jika inflasi, ada-bahwa untuk potongan rambut itu mungkin tidak. Hal ini tentu saja juga memungkinkan untuk menemukan pelanggan, murni untuk tujuan menerima uang dari mereka.

3.  Strukturisasi.

Dalam penataan , (juga dikenal sebagai “smurfing”), uang dimasukkan ke dalam perekonomian sah sedemikian rupa untuk menghindari catatan hukum pembukuan dan pelaporan. Sebagai contoh: di US deposito kurang dari $ 10.000 (apa pun lebih dari jumlah tersebut akan membutuhkan laporan yang akan diajukan dengan IRS) dibuat ke beberapa rekening bank yang kemudian ditarik setelah jangka waktu yang cukup telah berlalu untuk menghindari kecurigaan.

Pertanyaannya cuci uang apa tidak?

Uang yang diperoleh oleh tindakan ilegal tidak, dengan sendirinya, pemutihan uang di sebagian besar wilayah hukum (pengecualian sebagai Britania Raya di mana kepemilikan sekadar hasil tindak pidana apapun itu sendiri mampu menjadi tindak pidana pencucian uang [9] ). Tindak pidana pencucian berasal dari upaya untuk menyembunyikan sumbernya, bukan karena transaksi itu sendiri ilegal (yang merupakan pelanggaran terpisah)

Di US, Mahkamah Agung Amerika Serikat , Bukan Presiden Amerika Serikat pada tanggal 2 Juni 2008, diberikan dua penilaian yang mendukung terdakwa, penyempitan penerapan undang-undang pencucian uang federal.

Dalam pendapat yang bulat yang ditulis oleh Justice Clarence Thomas , Pengadilan terbalik Acuna,’s Humberto Cuellar’s keyakinan Meksiko dan memutuskan bahwa “bersembunyi $ 81.000 secara tunai di bawah papan lantai mobil dan mengemudi menuju Meksiko tidak cukup untuk membuktikan sopir itu bersalah pencucian uang; sebaliknya, jaksa juga harus membuktikan sopir itu melakukan perjalanan ke Meksiko untuk tujuan menyembunyikan sumber dana sejati. “ Artinya, jaksa belum melakukan hal prima facie nya. Mahkamah lebih lanjut memutuskan “bahwa jaksa federal telah terlalu jauh dalam menggunakan biaya pencucian uang untuk memerangi pengedar narkoba dan kejahatan terorganisir , bahwa pencucian uang biaya di bawah Pencucian Uang Undang-undang Pengawasan dari 198, Sec. 18 USC § 1956 (a) ( 2) (B) (i) hanya berlaku untuk keuntungan cincin perjudian ilegal dan tidak dapat digunakan ketika satu-satunya bukti kejahatan yang mungkin adalah ketika kurir menuju ke-Meksiko perbatasan Texas dengan $ 81.000 dalam penerimaan kas dari ganja transaksi; tidak dapat dibuktikan hanya dengan menunjukkan bahwa dana tersebut tersembunyi dalam kompartemen rahasia dari Volkswagen Beetle , melainkan jaksa harus menunjukkan bahwa tujuan pengangkutan dana dalam kasus pencucian uang adalah untuk menyembunyikan kepemilikan mereka, sumber atau kontrol, kerahasiaan harus menjadi bagian dari desain yang lebih besar untuk menyamarkan sumber atau sifat uang itu.

Kemudian, dalam dibagi keputusan , Pengadilan membalik keyakinan Efrain Santos dari Indiana dan Benedicto Diaz untuk pencucian uang berdasarkan uang tunai dari undian ilegal. Dalam pendapat pluralitas, Keadilan Antonin Scalia menulis bahwa hukum mengacu pada “hasil dari beberapa bentuk kegiatan yang melanggar hukum; membayar perjudian pemenang dan kompensasi karyawan yang mengumpulkan taruhan tidak memenuhi persyaratan sebagai pencucian uang; kata” hasil “dalam federal pencucian uang undang-undang, 18 USC § 1956 , dan § 1956 (a) (1) (A) (i) dan § 1956 (h), hanya berlaku untuk transaksi yang melibatkan keuntungan pidana, bukan penerimaan pidana; mereka adalah biaya, dan jaksa harus menunjukkan bahwa keuntungan digunakan untuk mempromosikan aktivitas ilegal. “ Kongres memperjelas makna undang-undang di Penegakan Penipuan dan Recovery Act tahun 2009 , mendefinisikan hasil secara eksplisit untuk mencakup keuntungan dan penerimaan kotor.

Kongres diundangkan undang-undang 1986 setelah Presiden Komisi Terorganisir menekankan masalah “mencuci” hasil kejahatan melalui rekening bank di luar negeri dan bisnis yang sah. Ini memberlakukan istilah-penjara maksimum 20 tahun.

[Menggunakan teknologi informasi]


Teknologi informasi tidak pernah bisa menjadi pengganti untuk penyelidik terlatih baik, tapi teknik pencucian uang menjadi lebih canggih, demikian juga teknologi yang digunakan untuk melawannya. Sebelum program anti pencucian uang menjadi biasa, di Amerika Serikat Undang-Undang Kerahasiaan Bank diperlukan lembaga keuangan untuk mengajukan Laporan Transaksi Uang untuk transaksi tunai sebesar lebih dari $ 10.000. RKPT ini terbukti sangat berharga bagi para penyidik, tapi pelaku pencucian uang mulai struktur transaksi mereka untuk menghindari persyaratan pelaporan. Akibatnya, AS melewati undang-undang terhadap penataan transaksi untuk menghindari persyaratan pelaporan, dan sebagian besar penataan akan memicu Kegiatan a Laporan Mencurigakan oleh lembaga keuangan.

Paket-paket berbagai perangkat lunak mampu analisis nama, sistem berbasis peraturan, mesin statistik dan profil, jaringan saraf, analisa link, analisis peer group, dan pencocokan urutan waktu.Juga, ada spesifik KYC solusi yang menawarkan account berbasis kasus penerimaan dokumentasi dan perbaikan, serta risiko otomatis penilaian dari pelanggan mempertimbangkan negara, bisnis, badan, produk, resiko transaksi yang dapat ditinjau cerdas. unsur-unsur lain dari teknologi AML termasuk portal untuk berbagi pengetahuan dan e-learning untuk pelatihan dan kesadaran.

Perangkat lunak ini tidak digunakan secara eksklusif untuk melacak pencucian uang, tetapi lebih sering pencurian umum dari kartu kredit atau rincian bank. Aktivitas tidak biasa pada account dapat memicu panggilan dari penerbit kartu untuk memastikan belum disalahgunakan.

Kejahatan Keuangan Enforcement Network FinCEN adalah sebuah organisasi yang diciptakan oleh Amerika Serikat Departemen Keuangan. FinCEN menerima Laporan Aktivitas Mencurigakan dari lembaga keuangan, analisis mereka, dan saham data mereka dengan badan-badan penegak hukum AS dan Unit Intelijen Keuangan FIU negara lain. Salah satu tujuan strategis adalah untuk meningkatkan informasi-sharing melalui eGovernment. Menawarkan pelatihan dan nasihat untuk organisasi pemerintah asing untuk membantu meningkatkan efektivitas program mereka sendiri anti pencucian uang.

Jumlahnya yg terhidung,

Banyak peraturan dan pemerintah otoritas kutipan perkiraan setiap tahun untuk jumlah uang yang dicuci, baik di seluruh dunia atau dalam perekonomian nasional mereka. Sebuah angka yang sering dikutip adalah 2-5% dari ekonomi global di seluruh dunia, ditetapkan oleh IMF . Tetapi beberapa akademisi dicatat bahwa tokoh-tokoh seperti biasanya hanya “tebakan terbaik”. Pada tahun 1997 FATF , sebuah lengan dari OECD didirikan untuk memerangi pencucian uang, terus terang mengakui “sebagian besar anggota FATF kurangnya data yang memadai untuk mendukung setiap perkiraan yang kredibel.” [26] Meskipun penerimaan alam yang tidak lagi dipertahankan, ada masih kurangnya data mengenai jumlah uang yang dicuci aktual di seluruh dunia. Beberapa komentator akademik telah menyatakan keprihatinan nyata tentang keandalan dan dasar angka yang digunakan oleh organisasi-organisasi pemerintah dan multinasional. Itu selalu sulit untuk mengetahui angka nyata tentang tindakan-tindakan ilegal.

We are faced with the problem that there has been little work to develop an objective academic analysis of the true extent of laundering, which means that we do not have a framework within which the appropriateness of legislative measures can be evaluated. Without this, it is difficult to challenge the ‘alarmist’ position of the authorities whereby such estimates have been put forward, quoted and repeated, becoming, through such repetition, seemingly established truths. It can be argued … that global estimates are little more than informed guesses: “large numbers are frequently thrown around without serious support” (Reuter and Truman, 2005, p.56), reproduced to the point at which they gain, through mere repetition, some form of reliable accuracy.
Apakah KPK menerapkan sistem yg sama? Dan Terjemahan dan tulisan ini adalah untuk pemberitahuan dan tidak digunakan untuk keuntungan, tetapi membantu publik di Indonesia…supaya digunakanbahan  pendidikan dan pelajaran….Untuk lebih jelasnya silahkan ke http://en.wikipedia.org/wiki/Money_laundering
Jack Soetopo

Free Hundred Backlinks

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Andai Masyarakat Tangerang Selatan Sadar, …

Ngesti Setyo Moerni | | 28 November 2014 | 17:27

Dari (Catatan Harian) Kompasiana ke (Sudut …

Lizz | | 28 November 2014 | 16:22

Kampret Jebul: Rumah …

Kampretos | | 28 November 2014 | 15:50

Saran untuk Ahok Cegah Petaka Akibat 100 …

Tjiptadinata Effend... | | 28 November 2014 | 15:30

Tulis Ceritamu Membangun Percaya Diri Lewat …

Kompasiana | | 24 November 2014 | 14:07


TRENDING ARTICLES

Kongkalikong Dokter dengan Perusahaan Obat …

Wahyu Triasmara | 6 jam lalu

Hampir Saja Saya Termakan Rayuan Banci …

Muslihudin El Hasan... | 9 jam lalu

Lagu Anak Kita yang Merupakan Plagiat …

Gustaaf Kusno | 11 jam lalu

Edisi Khusus: Kompas 100 Halaman dalam …

Tubagus Encep | 11 jam lalu

Ahok Narsis di Puncak Keseruan Acara …

Seneng Utami | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

Perempuan Berkabut Musim …

Budhi Wiryawan | 7 jam lalu

Kado Berwarna Biru Dari Alex …

Agustina | 7 jam lalu

Cerita dari Kotamobagu, Kota Terkecil di …

Ferdinand Mokodompi... | 7 jam lalu

Rakyat Miskin Tidak Boleh Sakit …

Emilia . | 8 jam lalu

Tak Ada Tionghoa Kristen atau Islam, Semua …

Erwin Alwazir | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: