Back to Kompasiana
Artikel

Moneter

Parlin Nainggolan

Berbagi pengetahuan adalah hal yang memiliki kenikmatan tersendiri.

Sekilas Beberapa Perusahaan Pembiayaan Terbesar di Indonesia

OPINI | 23 September 2011 | 05:24 Dibaca: 19477   Komentar: 3   1

Banyak orang memperkirakan, lembaga pembiayaan sama dengan bank, padahal itu tidak sama, walaupun sama-sama bergerak dalam bidang keuangan. Lembaga pembiayaan adalah suatu usaha yang berbentuk badan usaha secara hukum yang melakukan kegiatan pembiayaan dengan menyediakan dana atau barang modal dengan tidak menarik dana secara langsung dari masyarakat, dimana secara khusus melakukan kegiatan seperti perusahan sewa guna usaha ( leasing ), perusahaan modal ventura, perusahaan perdagangan surat berharga, perusahaan anak piutang, perusahaan kartu kredit dan perusahaan pembiayaan konsumen.

Namun yang paling terkenal adalah perusahaan pembiayaan konsumen ( Consumers Finance Company ) dimana badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan sistem pembayaran angsuran ataupun pembayaran secara berkala oleh konsumen. Adapun contohnya seperti pembayaran angsuran pembelian secara cicilan kendaraan  roda dua, roda empat dan lain-lain.

Ada beberapa perusahaan yang dominan dan banyak berdiri cabangnya serta memiliki konsumen yang lumayan banyak di Indonesia, seperti :

  1. PT. Federal International Finance ( FIF ), didirikan dengan nama PT. Mitrapusaka Artha Finance pada bulan Mei 1989, serta seiring perkembangan perusahaan berganti nama menjadi PT. Federal International Finance ( FIF ) dan fokus pada pembiayaan konsumen secara retail pada tahun 1996 sampai dengan sekarang. Pemilik mayoritas saham saat ini adalah PT. Astra International, Tbk dan hingga kini memantapkan diri sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia.
  2. PT. Adira Dinamika Multi Finance,Tbk, atau yang dikenal dengan nama Adira Finance berdiri sejak tahun 1990 dan telah menjadi perusahaan terbesar dalam pembiayaan otomotif di Indonesia. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan berbagai macam merek kendaraan (otomotif) di Indonesia, membuat laba yang terus meningkat dari tahun ke tahun dan menjadikan dia sebagai salah satu pemain terbesar di industri ini.
  3. PT. Summit Oto Finance, yang berdiri pada tahun 1990 dengan nama awal perusahaan adalah PT. Summit Sinar Mas Finance. Awalanya  fokus pada sewa guna usaha, namun pada tahun 2003 mengubah aktifitasnya menjadi perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor dan mengganti namanya menjadi PT. Summit Oto Finance. Sumitomo Corporation  adalah perusahaan dagang Jepang yang terpadu (sogo shosha) yang merupakan pemilik saham terbesar perusahaan ini. Dengan dukungan dari Sumitomo Corporation, perusahaan ini telah memberikan dukungan terhadap semua aspek seperti manajemen, treasury, keuangan hingga operasionalnya, serta berhasil tumbuh dan berkemabang hingga saat ini dan memiliki kantor jaringan tersebar hampir di seluruh Indonesia.
  4. PT. Wahana Ottomitra Multiartha (WOM), merupakan perusahaan yang paling dominan dalam pembiayaan sepeda motor di Indonesia. Perusahaan ini memiliki sejarah yang cukup panjang, dengan nama awal perusahaan adalah PT. Jakarta Tokyo Leasing pada tahun 1982. Kemudian pada tahun 1997, menjadi bernama PT. Wahana Ometraco Multiartha yang diakuisisi oleh PT. Fuji Semeru Leasing. Pada tahun 2000, mengganti nama menjadi PT. Wahana Ottomitra Multiartha (WOM) hingga sekarang. Perusahaan ini menyediakan leasing untuk produk sepeda motor merek Honda, Yamaha dan Suzuki. Pernaha mendapat penghargaan Multifinance Award (2006) oleh majalah Infobank dan Multifinance Award (2007) oleh Majalah Investor.
  5. PT. Bussan Auto Finance (BAF), yang berkonsentrasi melayani pembiayaan sepeda motor merek Yamaha. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1997 dan memperoleh banyak penghargaan seperti menjadi perusahaan pembiayaan terbaik pada tahun 2006 s/d 2008 menurut majalah Investor. Meraih penghargaan TOP BRAND AWARD dari Pefindo pada tahun 2008 dan 2010 untuk kategori pembiayaan motor roda dua. Pada tahun 2009 menerima penghargaan sebagai perusahaan dengan kinerja sangat bagus selama 5 tahun berturut-turut.
  6. PT. Toyota Astra Financial Services (TA Finance), merupakan perusahaan patungan antara PT. Astra International,Tbk dengan Toyota Financial Services Corporation (TFSC) yang merupakan anak dari Toyota Motor Corporation. Melayani pembiayaan khusus untuk kendaraan merek Toyota dan memiliki 33 gerai Toyota Jasa Keuangan  yang beroperasi di 33 negara.
  7. PT. Indomobil Finance Indonesia, yang merupakan perusahaan pembiayaan yang bernaung pada Indomobil Group dan berdiri sejak tahun 1993. Aktifitas pelayanannya adalah Consumer Finance, Leasing dan Factoring dengan produk kendaraan bermotor dari produk Indomobil Group. Nama awalnya adalah PT. Indomaru Multi Finance dan pada tahun 2003 berubah nama menjadi PT. Indomobil Finance Indonesia.
  8. PT. BCA Finance, dengan nama awal didirikan adalah PT. Central Sari Metropolitan Leasing Corporation pada tahun 1981 dan komposisi pemilik saham dimiliki oleh PT. Bank Central Asia, The Long Term Credit Bank of Japan dan Japan Leasing Corporation. Pada saat ini fokus kepada pembiayaan komersial seperti pembiayaan mesin-mesin produksi, alat berat dan transportasi. Pada tahun 2001, berubah nama menjadi PT. Central Sari Finance (CSF), dengan BCA sebagai pemegang saham mayoritas dan kegiatan utama adalah pembiayaan kendaraan khsususnya roda empat.
  9. PT. Astra Credit Companies (ACC), merupakan salah satu perusahaan pembiayaan yang sudah berdiri sejak tahun 1982 an. ACC memiliki fasilitas pembiayaan untuk semua jenis kendaraan baru maupun bekas. Awal berdiri dengan nama PT. Raharja Sedaya yang merupakan tulang punggung bisnis Astra Group untuk mendukung penjualan produknya Astra Group. Hal ini merupakan langkah dari penilaian manajemen, dimana manajemen melihat pada masa itu, daya beli kas masyarakat untuk kendaraan masih rendah, sehingga rakyat butuh membeli kendaraan dengan cicilan. Seiring perkembangan waktu, PT. Raharja Sedaya tidak hanya melayani pembiayaan produk Astra Group, tetapi juga melayani produk non Astra Group. Kepemilikan saham pada awalnya dimiliki oleh PT. Raharja Sedaya, namun pada tahun 1992 PT. General Electric Services, ikut memberikan sahamnya.
  10. PT. Oto Multi Artha, merupakan perusahaan pembiayaan otomotif yang independen, dimana didirikan di Jakarta pada tanggal 28 Maret 1994 dengan nama badan usaha PT. Manunggal Multi Finance. Pada September 1994, mengubah nama badan usaha menjadi PT. Oto Multi Artha yang mencerminkan fokus kepada pembiayaan mobil. Pada tahun 1996, Sumitomo Corporation bergabung sebagai pemegang saham baru dan pada saat ini menjadi pemegang saham utama/mayoritas.

Demikianlah sekilas biografi beberapa perusahaan besar dalam industri pembiayaan yang pernah dan masih memiliki nama besar pada saat ini.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Messenger Apps di Android yang Akan …

Kevin Anandhika Leg... | | 22 August 2014 | 20:10

Serial Animasi Lokal Mulai Muncul di …

Pandu Aji Wirawan | | 22 August 2014 | 18:29

Keputusan MK tentang Noken, Bagaimana …

Evha Uaga | | 22 August 2014 | 12:23

Berlian …

Katedrarajawen | | 22 August 2014 | 20:01

Blog Competition Smartfren: Andromax yang …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 20:22


Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: