Back to Kompasiana
Artikel

Moneter

Afriyuddin

just ordinary person that try to be a better man.. masih belajar dalam hal tulis selengkapnya

BANK di INTERNET..? atau INTERNET BANKING

REP | 09 May 2012 | 06:28 Dibaca: 3238   Komentar: 9   1

Sekilas memang aneh kok ada Bank di Internet walau sebenarnya sih fungsi Bank yg bisa dilakukan via internet.. :)

Ternyata memang bisa aja sih cuma 1 hal yg belum bisa mengalahkan fungsi Bank, yaitu pembukaan rekening (totally) baru dan juga setoran cash dan bbrp transaksi lainnya. Gimana coba mau nyetor cash, apa masuk dari lubang DVD player di Laptop..? atau dari port USB..? hehe.. masih mimpi sih kali ini.. siapa tau bbrp tahun lagi bisa.. :)

Oh ya sebenarnya pelopor internet banking dulu kalo tidak salah sih Bank BCA karena yg saya ingat dr tahun 2000an sudah ada tuh websitenya www.klikbca.com walau baru saja BCA launching website baru www.bca.co.id tetap saja layanan internet banking nya akan di arah kan ke www.klikbca.com, entah utk bbrp lama sampai akhirnya bisa-bisa semua akan ada dlm 1 website www.bca.co.id.

Nah untuk kalau untuk Bank Mandiri agak beda dikit, semua all in ada di dlam www.bankmandiri.co.id, jadi tidak ada dualisme kepemimpinan eh dualisme website gituh :p

Sementara untuk Bank BNI dan Bank Syariah Mandiri mereka juga belum all in 1 website. Untuk Bank BNI websitenya www.bni.co.id sedangkan utk Bank Syariah Mandiri websitenya www.syariahmandiri.co.id.

Untuk detilnya kalau Bank BCA begitu kita klik di icon login, maka website akan berada di layar yg sama, dgn alamat website: https://ibank.klikbca.com/, sedangkan untuk Bank Mandiri hampir sama juga yaitu sama-sama berada di layar yg sama, dgn website: https://ib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form&lang=in_ID.

Untuk 2 Bank yg saya tahu lainnya yaitu Bank BNI dan Bank Syariah Mandiri mereka ketika kita klik login tidak berada di layar yg sama alias akan di arahkan ke tab baru dgn alamat website utk Bank BNI:  https://ibank.bni.co.id/directRetail/ibank?pid=4951574954495749565654525448515750564851 dan untuk Bank Syariah Mandiri juga sama di arahkan ke tab baru dgn alamat website: https://bsmnet.syariahmandiri.co.id/cms/index.php?button2.x=64&button2.y=10&button2=Submit

Memang semua agak ribet, tapi sebenarnya cukup efektif dan menguntungkan kok, dimana saat mau beli pulsa ga perlu cari toko yg jual pulsa, atau saat mau transfer gak cari atm dan juga gak perlu antri atau kehujanan atau kepanasan, alasan klasik sih.. hehe.. dan lain-lain keuntungannya.. eh juga bisa check saldo kapan pun tanpa harus bawa buku dan datang ke loket utk print buku.. maleeesss… :p

Cuma ya itu, kita harus punya akses internet, baik di kantor, di rumah ataupun via hp or smartphone.

Nah untuk menggunakan layanan itu semua, layanan internet banking maksudnya, kita harus daftar dulu via atm Bank yg bersangkutan, baru biasanya kita bisa login konfirmasi pendaftaran via internet di websitenya atau juga bisa langusng ke CS Bank tsb. Cuma biasanya kalau untuk check-check saldo doang sih bisa tanpa ke CS Bank, namun untuk melakukan transaksi lain seperti pembelian dan juga transfer semua dibutuhkan alat atau kode rahasia tuh, yg biasanya di sebut Token kalaudi Bank Mandiri atau namanya Key BCA atau juga BNI eSecure.  Bentuk dan fungsinya sih sama aja. Untuk memperoleh alat2 tsb harus ke CS dong..

Nah token itu bentuknya sbb :

1336545527486543234

Token Bank Mandiri, BNI eSecure dan Key BCA

Sementara untuk Bank Syariah Mandiri dia belum mengeluarkan alat Token ini, hanya  berupa print-an kode2 terdiri dari beberapa angka yg fungsinya juga sebagai pengganti Kode yg di keluarkan oleh alat2 ini.

Untuk biaya-biaya yg saya tau Bank Mandiri dan Bank BCA tidak ada biaya bulanan untuk internet banking ini, sedangkan untuk Bank Syariah Mandiri ada di kenakan biaya, sedangkan untuk Bank BNI saya belum tau atau lupa :).

Oh ya untuk alat2 di atas tadi kalau Bank Mandiri ada biaya Rp. 20.000 kalau tidak salah dan BCA Rp. 10.000, sedangkan untuk Bank BNI dan Bank Syariah Mandiri saya lupa :p

Nah kalau untuk Bank lain selain yg saya sebut di atas, saya belum tau deh..  :)

Demikian sekilas info semoga berguna dan bermanfaat..

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kerumitan Membentuk Kabinet …

Mas Isharyanto | | 25 October 2014 | 14:51

Kompasiana Nangkring Special di Balikpapan …

Bambang Herlandi | | 25 October 2014 | 13:44

Ikuti Kompasiana-Bank Indonesia Blog …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 10:39

Gayatri Wailisa, Anggota BIN? Perlukah …

Arnold Adoe | | 25 October 2014 | 16:01

[PALU] Kompasiana Nangkring Bareng BKKBN di …

Kompasiana | | 01 October 2014 | 15:12


TRENDING ARTICLES

Jokowi Bentuk Kabinet Senin dan Pembicaraan …

Ninoy N Karundeng | 11 jam lalu

Kursi Gubernur Ahok dan Ambisi Mantan Napi …

Zulfikar Akbar | 17 jam lalu

Jangan Musuhi TVOne, Saya Suka Tendangan …

Erwin Alwazir | 17 jam lalu

Jokowi Ajak Sakit-sakit Dulu, Mulai dari …

Rahmad Agus Koto | 18 jam lalu

Gayatri, Mahir Belasan Bahasa? …

Aditya Halim | 21 jam lalu


HIGHLIGHT

Gayatri Dwi Wailissa, Anggota BIN yang Gugur …

Opa Jappy | 8 jam lalu

Belajar Ngomong:”Mulutmu …

Wahyu Hidayanto | 8 jam lalu

MEA 2015; Bahaya Besar bagi Indonesia …

Choerunnisa Rumaria | 8 jam lalu

Bersenang-Senang dengan Buku …

Mauliah Mulkin | 8 jam lalu

Kematian Pengidap HIV/AIDS di Kota Depok …

Syaiful W. Harahap | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: