Back to Kompasiana
Artikel

Wirausaha

Dedy Ariyadi

Smile and learning Alamat : Jl. Malaka3 Rt06/06 no89 jakarta 14140. website : www.bimbelsenyum.blogspot.com Telp. 082166307318 Harta tidak selengkapnya

Cara Mendirikan Bimbel 2

OPINI | 01 October 2011 | 04:10 Dibaca: 11602   Komentar: 0   1

Pola Pembelajaran

Bimbingan Belajar

Banyak Bimbel yang ada di sekitar kita. Dari yang menawarkan semua mata pelajaran sampai Bimbel yang hanya menawarkan mata pelajaran eksakta.

Berikut ini macam-macam bimbel beserta kelebihan dan kekurangannya :

1. Bimbel yang banyak bermunculan adalah Bimbel 1 guru mengajar 10-15 murid. Bimbel tersebut cocok untuk sekolah negeri, tetapi tidak cocok untuk sekolah Internasional dan Nasional plus.

Kelebihannya :

- Guru tidak cepat lelah karena mengajarnya hanya satu kelas saja (missal : hanya kelas 5 tidak ada kelas 6)

- Guru hanya fokus 1 materi saja yang akan diajarkannya.

- Keuntungan yang besar bagi bimbelnya, karena 1 guru per jam, sedang dia mengajar banyak murid.

Kekurangannya :

- Murid yang tidak mengerti akan tertinggal dengan murid yang mengerti. Karena murid banyak sehingga gurunya tidak memperhatikan murid tersebut.

- Pengaturan waktu danpembayaran gaji tidak sefleksibel Bimbel semi privat dan privat.

- Materi yang diberikan tidak sesuai dengan besok yang dipelajari sekolah murid.

- Pemilihan waktu yang beragam pada setiap murid, dikarenakan setiap murid mempunyai waktu luang yang berbeda karena banyaknya murid melakukan les yang lainnya.

2. Bimbel Semi Privat. Bimbel dengan 1 guru mengajar 3 – 4 murid. Bimbel dengan sistem ini sangat disukai para murid dan orang tua murid yang sekolahnya di Internasional maupun Nasional plus. Bimbel dengan sistem ini sangat cocok untuk Bimbel yang pertama kali berdiri.

Kelebihannya :

- Waktu yang fleksibel karena murid bebas memilih waktu dan hari yang diinginkannya.

- Materi dan pelajaran terserah yang diingikan oleh murid (biasanya murid menginginkan pelajaran yang akan dipelajari esok hari dia sekolah). Jadi guru harus siap/menguasai semua materi dibidangnya.

- Pengaturan tempat yang sederhana.

- Penggajian guru yang mudah dihitung.

- Guru dapat dekat dengan muridnya.

Kekurangannya :

- Guru harus menguasai benar bidang yang akan diajarkannya, karena dia akan mengajar murid yang berbeda kelas.

- Bila guru keluar, murid yang diajarnya akan keluar mencari guru tersebut karena dia merasa cocok dengan guru tersebut.

  1. Bimbel Privat

Hampir sama seperti Bimbel semi privat. Bahkan bisa digabungkan jika pemilik tersebut ingin mengadakannya. Perbedaannya terletak pada responbility yang diberikan kepada guru yang menangani murid tersebut.

POLA SDM (Karyawan dan Guru)

Untuk mencari staf dan guru yang berkualitas sangatlah sulit. Biasanya Bimbel-Bimbel yang terkenal sudah mengambil guru yang terbaik dibidangnya. Sekalipun demikian masalah ini bisa dipecahkan jika kita menghadapinya dengan bijaksana. Kita dapat merekrut guru yang baru lulus kuliah walaupun guru tersebut tidak berpengalaman. Kita perlu mengajarkannya dari awal dan mencari guru sangat cocok untuk Bimbel yang baru karena guru dan Bimbel itu akan berkembang bersama-sama. Disamping itu, guru yang baru dapat menekan pengeluaran karena gajinya yang dibawah standar.

Staf dan guru yang dibutuhkan pertama kali :

1. Resepsionis/ADM

2. Guru SD 1 – 2 orang

3. Guru SMP 1 – 2 orang

4. Guru SMA 1 – 2 orang

Semua staf dan guru tergantung banyaknya murid yang mendaftar. Usahakan mendapat 1 guru berpengalaman untuk mentraining guru baru.

Guru dan karyawan bimbel harus ditanamkan serve(melayani), satisfy(pemuasan), dan love(mencintai), tetapi yang paling utama adalah “cinta”, yaitu dengan menganggap siswa seperti anak, adik, dan saudara kita sendiri.

Cara mempraktekan “cinta” adalah :

- Menanyakan keluhan dan harapan siswa

- Bertemu sesering mungkin kepada siswa

- Berempatilah secara nyata ketika siswa mengalami kesedihan dan wujudkan lah suka cita guru dan karyawan ketika mereka menggapai kesukesan dan kebahagiaan.

Peganglah pedoman, sebelum kita memuaskan pelanggan kita harus terlebih dahulu memuaskan karyawan dan guru. Sistem yang akan digunakan oleh bimbel harus transparan dan jelas. Kemudian bimbel juga akan mencoba memberikan jaminan kepada mereka, yaitu jaminan kesehatan, pension dan sebagainya. Kalau masih dimulai lebih baik berikan kerjasama yang baik bagi guru dan karyawan.

Berikut pola jam masuk, tugas, dan sistem recruitment guru.

Jam masuk karyawan (OB dan custumer service) : 11.00 – 21.00

Jam masuk guru : 13.00 – 21.00

Tugas OB :

- Membersihkan semua ruangan di tempat tersebut, termasuk WC, ruang guru, dan ruangan lainnya sebelum dan sesudah semuanya pulang

- Menyediakan minuman bagi para guru

- Siap sedia untuk hal-hal mendadak, seperti fotokopi, kekurangan barang inventaris, dan lain-lain

Tugas Costumer service :

- Menerima pendaftaran siswa dan melayaninya dengan senyuman

- Membuat pembukuan arus kas(pengeluaran maupun pemasukan)

- Melaporkan arus kas kepada manajer operation

- Membuat surat pemberitahuan, dan koresondensi lainnya

- Menelepon dan mengingatkan siswa sesuai dengan jadwal mereka

- Menerima telepon, pertanyaan, dan keluhan dari costumer

Recruitment guru

Sistem recruitment guru terbagi 3 tahap :

1. Tahap 1 : mengerjakan soal

Calon guru di berikan soal yang sesuai dengan bidangnya yang sudah kita siapkan. Berikan waktu yang cukup untuk menyelesaikan soal tersebut.

2. Tahap 2 : presentasikan jawaban soal / micro teaching

Jika soal sudah kita koreksi dan nilainya sesuai dengan yang kita harapkan, maka calon guru itu kita panggil lagi untuk menerangkan kepada Guru lama. Biar pun guru tersebut mempunyai pengalaman. Calon guru mungkin dia pintar dalam mengerjakan soal, tetapi belum tentu dia menguasai bagaimana menerangkannya kepada murid.

3. Tahap 3 : Interview

Setelah lulus tahap 1 dan 2, lakukan interview kepada calon guru. Mulai dari pengalamannya dia, hingga gaji yang diinginkannya.

Pencarian Guru dapat melalui Iklan di media massa, poster, dan kenalan teman kita.

Tugas dan peran guru adalah :

- Membuat soal dan membuat jawabannya sebelum ada murid dan jika tidak ada murid

- Mengajar dengan “cinta”

- Membuat silabus

- Membagi pemikirannya bagaimana cara membesarkan bimbel

Pembayaran guru

Ada 2 cara system gaji, yaitu dengan penggajian dan pembagian saham. Tetapi untuk pertama kali buka lebih baik menggunakan system penggajian biasa, karena bila kita merekrut guru yang tidak kenal dengan kita dia, akan mikir 2 kali bila kita menggunakan system bagi saham.

Litbang soal

Litbang soal juga merupakan komponen penting yang dibutuhkan dalam bimbingan belajar. Beruntung bimbel senyum sudah memiliki soal yang berbobot, tinggal ditambahkan dan membuat variasi soal yang sudah ada.

Sumber litbang dapat bersumber dari :

- Buku pelajaran

- Soal yang di dapat dari murid, jadi bila ada murid yang membawa soal kita mengcopynya

- Internet

- Dan sumber lainnya

Untuk sementara kita menggunakan guru sebagai komponen dari litbang soal. Dan kita membutuhkan jasa pengetikan untuk mengetik soal.

Perhitungan Arus Kas

1. Pemasukan :

Pemasukan diperoleh dari pembayaran murid. Sebelum menentukan biaya pembayaran, lebih baik kita survey berapa biaya di Bimbel-bimbel lain. Usahakan biaya Bimbel tersebut lebih rendah dari Bimbel yang lain karena Bimbel kita baru. Tetapi jangan terlalu rendah pikirkan juga pengeluaran yang kita keluarkan.

2. Pengeluaran tiap bulan :

Berikut merupakan pengeluaran tiap bulan :

  1. Telepon
  2. Listrik
  3. Air
  4. Gedung ( kalau menyewa)
  5. Pembelian ATK
  6. Gaji guru dankaryawan
  7. Biaya tak terduga

Perhitungan Gaji Staf Karyawan dan Guru

Cara perhitungan gaji terdiri dari banyak cara, berikut caranya :

1. Jika kita mengenal baik guru dan staf, kita dapat menghitung dengan sistem bagi hasil. Mengapa saya tulis kata mengenal? Karena dalam sistem bagi hasil ini gaji yang diterima dibawah standar. Karena harus sesuai banyaknya murid yang mendaftar. Biasanya pada awal pembukaan, murid biasanya tidak lebih dari 10 murid. Jadi gaji yang diterima sedikit.

Contoh kasus :

Di sebuah bimbel terdapat 10 murid yang mendaftar. 4 murid SD, murid SMP, dan 3 murid SMA. Biaya bulanan untuk SD Rp 250.000,00, SMP Rp 350.000,00, dan SMA Rp 450.000,00. Berapa Gaji karyawan dan guru yang cocok ?

Cara I :

Pemasukan :

SD 4 × Rp 250.000,00 = Rp 1.000.000,00

SMP 3 × Rp 350.000,00 = Rp 1.050.000,00

SMA 3 × Rp 450.000,00 = Rp 1.350.000,00

Pembagiannya :

Pemilik = 20 % = Rp 680.000,00

Pembayaran Telp, air, listrik, dan ATK = 30 % = Rp 1.020.000,00

Pembayaran Gaji guru dan karyawan = 50 % = Rp 1.700.000,00

Guru SD, SMP, SMA, dan karyawan masing-masing = 25% = Rp 425.000,00

Cara II :

Pemasukan SD = 4 × Rp 250.000,00 = Rp 1.000.000,00

Pembagiannya :

Pemilik = 20 % = Rp 200.000,00

Guru = 35% = Rp 350.000,00

Pembayaran telp, air, dan lain-lain = 30 % = Rp 300.000,00

Staf karyawan = 15 % = Rp 150.000,00

Pemasukan SMP = 3 × Rp 350.000,00 = Rp 1.050.000,00

Pembagiannya :

Pemilik = 20 % = Rp 210.000,00

Guru = 35 % = Rp 367.500,00

Pembayaran listrik, air, dan lain-lain = 30 % = Rp 315.000,00

Staf karyawan = 15 % = Rp 157.500,00

Pemasukan SMA = 3 × Rp 450.000,00 = Rp 1.350.000,00

Pembagiannya :

Pemilik = 20% = Rp 270.000,00

Guru = 35 % = Rp 472.500,00

Pembayaran telepon, listrik, dan lain-lain = 30 % = Rp 405.000,00

Staf karyawan = 15 % = Rp 202.500,00

Jadi,

- Pemilik = Rp 680.000,00

- Guru SD = Rp 350.000,00

- Guru SMP = Rp 367.500,00

- Guru SMA = Rp 472.500,00

- Staf karyawan = Rp 410.000,00

- Pembayaran listrik, air, dan lain-lain = Rp 1.020.000,00

Staf karyawan yang saya maksud : resepsionis, merangkap ADM, pengambilan bank soal, dan bertanggung jawab atas kebersihan tempat bimbel.

  1. Jika kita memiliki dana yang besar, itu lebih mudah memperhitungkannya tergantung berapa dana yang tersedia. Dan itu tergantung pemiliknya. Berapa gaji guru dan karyawannya?

Untuk mendapatkan BEP dan profit membutuhkan waktu yang lama.

Pola Marketing dan Promosi

Pubikasi juga merupakan hal yang terpenting dalam pertama kali kita mendirikan Bimbel.

Berikut cara Publikasi :

1. Media Brosur

- Berikan brosur disaat para murid pulang sekolah dan bagian promosi sudah siap membagikannya di gerbang sekolah.

- Presentasi ke sekolah. Mempresentasikan dan membagikan brosur

2. Media Poster

3. Spanduk

4. Iklan

5. Mengadakan Lomba

Misalnya mengadakan lomba matematika tingkat SD se-Pekanbaru. Dari sekolah negeri maupun swasta. Cara ini sangat mengena karena siswa yang terdaftar akan mengenal nama bimbel kita.

6. Mengumpulkan data-data siswa dan meneleponnya untuk mencoba bimbel kita.

Proses marketing adalah proses membangun kepercayaan. Oleh karena itu, proses marketing adalah “the battle of mind”. Untuk menenangkan pikiran banyak orang kita harus sanggup memberikan bukti. Bimbel senyum akan menyatukan semua pola marketing yang telah dipergunakan oleh semua bimbel.

Tetapi metode iklan yang paling akan mengena adalah melalui M to M (mulut ke mulut). Jika kita telah berhasil membangun kepercayaan konsumen, maka kemudian konsumenlah yang menjadi alat promosi bimbel senyum, mereka akan bercerita kepada semua orang bahwa pelayanan produk dan jasa yang diberikan bimbel senyum sangat baik.

Iklan tetap akan digunakan oleh bimbel senyum untuk promosi, sebab media inilah yang kita butuhkan untuk mempertahankan pasar dan informasi produk.

Proses pemasaran yang sendiri yang akan dijalankan oleh bimbel senyum akan melibatkan proses try and error. Untuk mengetahui media manakah yang lebih efektif, kita harus melewatinya dengan proses trial and error.Jadi awalnya kita harus mencoba semuanya. Yang paling penting, apa pun medianya target pasar kita harus spseifik dan jelas.

Ada beberapa tingkatan proses sebagai indicator keberhasilan proses pemasara bimbel senyum, yaitu :

- Custumer satisfaction

- Experiental process

- Emotional brand

Pola Sarana

Sarana dan peralatan yang dibutuhkan :

1. Kursi : kursi bisa kursi biasa maupun kursi sepertikursi kuliahan

2. Meja : Jika kita menggunakan kursi biasa, meja bisa kita gunakan. Usahakan meja yang panjang.

3. Buku pelajaran : Untuk menekan biaya pengeluaran, usahakan membeli buku yang bekas.

4. Komputer,printer, dan scanner : Komputer minimal 5 komputer.

Komputer untuk SD

Komputer untuk SMP

Komputer untuk SMA

Komputer ADM

Komputer untuk server, untuk mengawasi kinerja para guru dalam membuat soal

5. Bank soal : Untuk dalam waktu singkat lebih baik membeli bank soal. Jika waktu kita masih lama lebih baik kita mengetiknya dari buku.

6. Ruangan : minimal terdapat 6 ruangan, yang terdiri dari ruang tunggu dan resepsonis, ruang SD, ruang SMP, ruang SMA, ruang guru dan rapat, dan ruang Perpustakaan dan bank soal

7. Mesin fotocopy

8. Mesin Scan Lembar Jawaban Komputer (LJK)

9. Telepon

10. Meja Resepsionis

11. White board, spidol, penghapus,kertas, isi spidol, ordner dan alat tulis kantor lainnya.

12. AC

Pola Pengaturan Jadwal

Karyawan : Masuk jam 11.00 – pulang jam 20.30

Guru : Masuk jam 13.00 – pulang jam 20.30

Pembagian shift :

SD (1,5 jam) seminggu 2 kali

Shift 1 : pukul 14.00 – pukul 15.30

Shift 2 : pukul 15.30 – pukul 17.00

Shift 3 : pukul 17.00 – pukul 18.30

Istirahat pukul 18.30 – pukul 19.00

Shift 4 : pukul 19.00 – pukul 20.30

SMP dan SMA (2 jam) seminggu 2 kali

Shift 1 : pukul 14.00 – pukul 16.00

Shift 2 : pukul 16.00 – pukul 18.00

Istirahat pukul 18.00 – pukul 18.30

Shift 3 : pukul 18.30 – pukul 20.30

Berbagai Kendalan dan Solusi

Bimbingan Belajar

1. Guru lama keluar

Cara mengatasinya :

- Usahakan jika guru ada yang keluar, guru tersebut bilang minimal 1 bulan sebelum dia keluar.

- Katakan kepada orang tua murid yang di ajarkannya, bahwa guru yang mengajarnya telah mengundurkan diri dan kita telah mendapatkan guru yang lebih baik darinya.

2. Keluhan dari pelanggan

Cara mengatasinya :

- Usahakan untuk kita lebih dekat dengan orang tua murid dan murid.

- Pelanggan adalah raja, jadi kita harus memberikan apa yang diinginkan pelanggan.

Note : untuk masalah no 1 dan 2 kita butuhkan orang yang pintar bernegosiasi.

3. Murid yang tidak suka di ajarkan oleh seorang guru

Cara mengatasinya :

- Panggil muridnya, tanyakan kenapa dia tidak suka guu tersebut. Kita katakana keluhan kepada guru yang bersangkutan tidak menyukainya agar guru tersebut dapat mengerti kemauan murid tersebut.

- Jika muridnya tetap tidak mau di ajar oleh guru yang dia tidak sukai, ganti guru tersebut dengan yang lainnya. Tetapi jangan biarkan adanya perpecahan antar murid dengan guru yang bersangkutan.

4. Keluhan Guru

Cara mengatasinya :

- Adakan rapat tiap 2 minggu sekali. Ini mendekatkan ikatan antara guru, karyawan, dan pemilik.

- Dengarkan keluhan guru dancari jalan keluar yang terbaik.

5. Resepsionis & ADM

Tugas yang tidak di mengerti oleh resepsionis.

Cara mengatasinya :

- Berikanlah penjelasan tugas apa saja yang akan diberikan kepadanya.

Yaitu :

- Menghubungi murid. Sebelum murid datang, Resepsionis menelepon murid bahwa hari ini dia ada jadwal. Ini sangat perlu dilakukan karena murid akan merasa diperhatikan oleh Bimbel. Lakukan ini setiap resepsionis baru datang.

- Resepsionis harus murah senyum karena dia yang pertama kali di lihat oleh murid yang mendaftar. Jika resepsionis wajahnya cemberut, maka murid yang daftar akan tidak jadi mendaftar.

6. Buku dan Soal

Cara mengatasinya :

- sediakan buku dengan berbagai macam variasi soal dan cara penyelesaiannya.

- Jika ada murid yang mempunyai soal yang sulit, kita bisa mencarinya di Perpustakaan yang disiapkan

Buat kalender pelajaran satu untuk guru dan untuk murid

Program Bimbingan Belajar

Program ini dirancang untuk membantu siswa dalam menghadapi permasalahan sehari di sekolah mereka masing-masing. Program ini mencakup pemantapan pemahaman materi pelajaran lewat latihan soal yang intensif, pemecahan masalah terhadap persoalan yang belum dipahami disekolah, persiapan menghadapi ulangan harian, ulangan mid semester, ulangan semester dan ulangan umum.

Program Liburan - Super Ekspres (SE) untuk SD, SMP, SMU

Merupakan program yang disusun pada saat liburan Juni-Juli, untuk siswa/I yang ingin mengisi waktu liburan mereka dengan kegiatan belajar. Materi yang diberikan pun khusus yaitu materi yang akan diterima pada tahun ajaran baru. Materi pelajarannya telah disusun secara sistematis dan sangat intensif serta memiliki Target yang jelas yaitu 1 (satu) kali pertemuan 1 (satu) BAB harus selesai dengan target waktu 2-3 jam / pertemuan

Program Persiapan Tes masuk SMP & SMU swasta

Program yang dirancang khusus untuk mempersiapkan siswa/i menghadapi tes masuk SMP dan SMU. Program ini dilaksanakan pada awal bulan januari (awal semester) khusus mengulang materi pelajaran dari kelas 4,5 dan 6 untuk SD dan1,2 dan 3 SMP secara intensif dan terprogram/terencana termasuk soal-soal tes seleksi masuk SMP dan Tes seleksi masuk SMU.

Program Garansi Nilai UN minimum 8

Program yang dirancang khusus untuk mempersiapkan siswa/i menghadapi Ujian Nasional SD, SMP dan SMU. Program ini dilaksanakan pada awal bulan Maret (awal semester). Dalam program ini bimbingan member garansi minimum nilai UN matematika, fisika dan kimia minimum 8 apabila berhasil menyelesaikan program/paket Soal yang di siapkan bimbel.

Program Privat siswa/siswi dari sekolah luar negeri

Program ini dilaksanakan bila ada permintaan khusus dari siswa/i luar negeri yang sedang liburan atau minggu tenang. Biasanya diselenggarakan dalam bentuk privat di pagi hari dan materinya pun menyesuaikan dengan kebutuhan siswa tersebut. Program ini biasanya berlangsung pada bulan Juni – Juli dan bulan Desember.

Penutup

Tanamkan Budaya Kerja bimbingan belajar, yaitu :

1. Komitmen

o Anda adalah orang yang berkomitmen pada Visi, Misi, Tujuan, Aturan dan, Kesuksesan bimbel, di team yang sekarang maupun yang akan datang.

o Anda harus berkomitmen tinggi untuk keberhasilan pelanggan sepanjang masa.

o Anda harus selalu berkomitmen untuk berpikir dan bertindak di atas garis, yaitu take ownership, accountable dan responsible dan bukan blame, excuse dan denial.

2. Ownership

o Anda adalah seorang individu yang penuh tanggung jawab pada tindakan dan hasil dan segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan Anda dan hidup Anda.

o Anda harus memiliki sense of belonging yang tinggi pada bimbel dan pada hidup Anda sehingga dapat melakukan yang terbaik dengan penuh integritas.

3. Integritas

o Anda harus selalu mengatakan kebenaran. Apa yang Anda janjikan adalah apa yang Anda berikan.

o Anda hanya akan membuat persetujuan yang Anda benar-benar inginkan dan berencana untuk menjaganya.

o Anda melakukan segala urusan dengan konsisten dan dengan standar etika tertinggi.

4. Excellence

o Baik saja tidak cukup. Anda akan selalu memberikan servis yang terbaik dengan usaha terbaik.

o Tidak ada mutu kelas dua dan usaha setengah hati di bimbel.

o Anda menerima tanggung jawab dan menyerahkan mutu dan keunggulan menjangkau atau melampaui yang terbaik dalam semua yang Anda lakukan.

5. Komunikasi

o Anda akan selalu berbicara hal-hal yang positif dari team Anda, pelanggan Anda dan bimbel baik di publik umum maupun secara personal.

o Anda akan berbicara dengan tujuan baik dan menggunakan bahasa positif.

o Anda akan bertanggung jawab terhadap respon dari komunikasi Anda.

6. Sukses

o Anda akan memfokuskan perhatian Anda pada kesuksesan hasil pada apapun yang Anda lakukan.

o Anda akan memiliki keinginan kuat untuk menang dan membiarkan orang lain menang juga (win/win).

o Anda akan menampilkan Kebanggaan, kompetensi dan kepercayaan diri Anda.

7. Edukasi

o Anda akan selalu belajar dari kesalahan Anda.

o Anda akan selalu diarahkan untuk belajar, tumbuh dan menjadi ahli sehingga Anda dapat membawa team dan pelanggan Anda untuk belajar, tumbuh dan menjadi Ahli juga.

8. Team Work

o Anda melakukan pekerjaan secara team dan meraih tujuan team.

o Anda fokus pada kerjasama dan selalu menuju ketajaman hasil dan bukan kompromi.

o Anda akan fleksibel dalam pekerjaan Anda, mampu berubah jika apa yang dilakukan tidak menghasilkan.

o Anda akan dibantu jika diperlukan dan Anda pun siap membantu jika yang lain membutuhkan.

o Anda akan memperlihatkan rasa hormat kepada keunikan setiap individu dalam membangun satu tim dengan anggota yang penuh keyakinan dan kreatif, yang memiliki tingkat inisiatif yang tinggi, harga diri dan disiplin pribadi serta memiliki sense of belonging yang kuat.

9. Keseimbangan
Anda harus memiliki keseimbangan dalam hidup baik spiritual, sosial, kesehatan dan keluarga sepenting dan selayak keadaan keuangan dan intelektualitas anda.

10. Fun
Anda menggambarkan kehidupan sebagai sebuah perjalanan untuk dinikmati dan dihargai dan akan membantu menciptakan sebuah lingkungan kerja yang fun dan happy sehingga sekeliling Anda dapat menikmatinya.

11. System

o Anda akan selalu mengacu pada system untuk mencari penyelesaian. Jika muncul suatu masalah, Anda akan mengacu pada system sebelum mengoreksi kesalahan manusia.

o Anda akan menilik pada sebuah penyelesaian system dalam inovasi Anda daripada penyelesaian orang.

o Anda akan mengikuti system yang berlaku sebelum sistem baru dikenalkan.

o Anda akan menyarankan perbaikan sistem pada kesempatan pertama Anda.

12. Konsistensi

o Anda akan konsisten pada tindakan Anda sehingga pelanggan Anda akan merasa nyaman berinteraksi dengan Anda sepanjang waktu.

o Anda harus konsisten dalam kesabaran, ketekunan dan ketulusan dalam memberikan pengajaran kepada Anak didik Anda.

13. Inovasi Terus Menerus
Anda adalah orang yang selalu menstretch diri sendiri dan berinovasi menuju kualitas produk dan jasa tanpa henti menuju kualitas dan pelayayan tinggi.

14. Speed
Anda adalah orang yang serius dalam hal kecepatan perbaikan mutu dan pelayanan.

15. Abundance
Anda adalah orang yang berhati abundance atau berkelimpahan. Orang yang percaya akan kelimpahan yang telah diberikan dunia kepada kita semua
.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

BMI Hongkong Tertipu 60 Juta Oleh “Bule …

Fey Down | | 25 October 2014 | 17:32

ATM Susu …

Gaganawati | | 25 October 2014 | 20:18

[PALU] Kompasiana Nangkring Bareng BKKBN di …

Kompasiana | | 01 October 2014 | 15:12

Gayatri Wailisa, Anggota BIN? Perlukah …

Arnold Adoe | | 25 October 2014 | 16:01

Inilah Daftar Narasumber yang Siap Beraksi …

Kompasiana | | 20 October 2014 | 15:40


TRENDING ARTICLES

Serunya di Balik Layar Pemotretan Presiden …

Gatra Maulana | 9 jam lalu

BMI Hongkong Tertipu 60 Juta Oleh “Bule …

Fey Down | 10 jam lalu

Hatta Rajasa Tahu Siapa Bandit Migas …

Eddy Mesakh | 11 jam lalu

Presiden Jokowi, Ibu Negara, dan …

Sintong Silaban | 12 jam lalu

Kerumitan Membentuk Kabinet …

Mas Isharyanto | 13 jam lalu


HIGHLIGHT

Fakta & Rahasia Saya Tentang Buku …

Indria Salim | 10 jam lalu

Hanya Tontowi/Liliyana di Final Perancis …

Sapardiyono | 10 jam lalu

Pilih Steak Sapi New Zealand Atau Ramen …

Benny Rhamdani | 10 jam lalu

Upacara Adat Satu Suro Kampung Adat Cirendeu …

Sandra Nurdiansyah | 11 jam lalu

50 Yacht Luar Negeri “Serbu” …

Mustafa Kamal | 11 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: