Back to Kompasiana
Artikel

Wirausaha

Gunawan Ardiyanto

WRITERpreneur (AGOEN Writing School), AGOEN Consultant, AGOEN Business Clinic, AGOEN Property Engineering Coach, AGOEN Management selengkapnya

Peluang Usaha TK, Playgroup, Home Day Care

REP | 04 November 2012 | 20:53 Dibaca: 1844   Komentar: 1   0

Bisnis pendidikan, termasuk pendidikan untuk anak adalah bisnis yang tidak mengenal krisis, selama ada orang menikah dan jumlah anak bertambah, maka peluang di bisnis ini akan terus bertumbuh.

Salah satu bagusnya peluang di bisnis pendidikan adalah, pembayaran biaya pendidikan yang dibayar di muka seperti, uang pendaftaran, uang buku, uang seragam, uang gedung dan sebagainya, dari uang tersebut pengelola mendapatkan modal kerja tambahan, sedangkan uang SPP bulanan dapat digunakan untuk biaya operasional seperti membayar gaji guru, pengasuh, staf atau karyawan, office boy-girl, listrik, air dan tagihan telepon.

Primananda-Kindergarten, Playgroup & Day Care, hadir sebagai solusi bagi para orangtua pekerja yang kesulitan dalam waktu pengasuhan anak-anak mereka. Dengan konsep Full Day Home Care, anak yang dititipkan bukan hanya diasuh tetapi juga diberikan pendidikan dasar (life skill) yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang dan kemandirian mereka.


Lokasi PrimaNanda Day Care yang terletak di tengah kota,
dekat dengan sarana pendidikan dan pusat perkantoran, memudahkan bagi para orangtua dalam menjangkau tempat kami.

~ Tempat bersih,aman dan nyaman
~ Tenaga pendidik dan pengasuh yang berpengalaman
~ Playground indoor dan outdoor
~ Menu sehat terjadwal
~ Laporan perkembangan Anak
~ Fun Learning Activity & Play
~ Terintegrasi dengan pre school (Playgroup/Kindergarten)

We are open from 07.30 ~ 17.30 on Monday ~ Friday

PrimaNanda Day Care ~ 2nd home for your child
Bertumbuh, Bermain dan Belajar
Menjadikan dunia anak lebih bermakna

Jl.Meratus Baru No.03 (samping SMPN 1 Bpp)
Gunung Pasir - Balikpapan
Telp : 0542 7203836 / 0813 4653 5136
PIN : 21E37EA3

Dengan maraknya orang bermain di bisnis pendidikan ini, maka diperlukan kejelian dalam memilih lokasi, menentukan pangsa pasar, memilih program unggulan dan memberikan pelayanan yang terbaik.

Komentar untuk Primananda :

1. TK & PlayGroup PrimaNanda dengan konsep pendidikan ISLAMI memberikan terobosan baru belajar yang lebih menyenangkan yaitu : Menjadikan anak–anak kita pribadi yang sholeh dan sholeha, yaitu anak yang terpilih, berkualitas, tulus dalam beribadah, berbuat sesuai kepatutan serta unggul dalam prestasi. Selain kurikulum standard, PrimaNanda juga menerapkan kurikulum local dengan ciri khusus untuk daerah masing-masing.

2. Program pengembangan dan unggulan itu antara lain

- Flashcard, membaca lebih cepat

- Soft skill, entrepreneurship for kids

- Brain gym, otak menjadi lebih smart

- Religion, life skill, habits forming, parent’s day, literasi dan numerasi, out bound, field trip, computer kids, science, English day, talents day, art & craft.

3. Salah satu bentuk kepedulian social TK & Play Group PrimaNada juga bekerja sama dengan BMH Hidayatullah melalui program sekolah gratis bagi siswa tidak mampu.

4. Pengembangan dari TK & Play Group PrimaNanda ini Ibu Rina mengembangkan usaha dengan nama PRIMANANDA Home Day Care, dengan kehadiran Primananda ini, orang tua akan lebih tenang, dalam bekerja, karena setelah jam sekolah TK & PG selesai, jika diperlukan Primananda akan mengasuh anak-anak dan orang tua tidak disibukkan dengan urusan menjemput dan mengasuhnya. PRIMANANDA Home Day Care juga menerima penitipan anak untuk umum di luar dari murid PG dan TK PrimaNanda

5. PRIMANANDA Home Day Care mempunyai layanan “Full Home Day Care” yaitu konsep penitipan komplit dengan pengajaran yaitu Pelatihan IQRO (untuk yang muslim), Calistung Membaca, Menulis, Berhitung (Quantum) serta English for Kids.

6. Lokasi, PG & TK Primananda Home Day Care di Jl, Meratus Baru No 03 RT 40, Gunung Pasir, Balikpapan berada di lingkungan pendidikan, mudah terjangkau dan berada tidak jauh dengan pusat perkantoran seperti Gedung BRI, bank-bank pemerintah maupun swasta dan pusat pendidikan seperti SMPN 1, SMAN 1, lembaga pendidikan Primagama, Airlangga, Jayabaya, Akademi Sekretaris dan Manjemen Indonesia, STIE Madhani dan sebagainya, sehingga bagi orang tua yang bekerja di daerah Gunung Pasir, Klandasan Balikpapan, akan mudah jika menyekolahkan anak mereka di PG & TK PrimaNanda Home Day Care

7. Program unggulan, PG & TK PrimaNanda Home Day Care, mesti memiliki program-program unggulan yang membuat sekolah ini unik, misalnya dengan menonjolkan program entrepreneurship for kids, english for kids, kepedulian social dan lingkungan (berkunjung ke Panti Asuhan, Panti Jompo).

8. Promosi, promosi tidak hanya dilakukan menjelang tahun ajaran baru saja, tetapi secara konsisten, terus menerus, karena untuk program Primananda Home Day Care, English for kids, Math for kids, dan bimbingan belajar yang lain tidak mengenal istilah “tahun ajaran”

9. Penambahan cabang untuk PG & TK PrimNanda dan peluang kemitraan untuk Primananda Home Day Care, Kalimantan Timur masih banyak memerlukan sekolah-sekolah khususnya untuk PAUD (pendidikan anak usia dini), PG & TK PrimaNanda dan Primananda Home Day Care punya peluang yang sangat luas di daerah-daerah lain selain di Balikpapan, seperti kota-kota dan kabupaten lainnya, perlu mengadakan sosialisasi dan promosi, misalnya dengan mengkikuti pameran-pameran pendidikan, membuka stand promosi di mall, mengadakan seminar pendidikan anak dan pelatihan untuk guru-guru PAUD, menggunakan internet sebagai media promosi seperti, facebook, web atau blog

10. Kegiatan di luar kelas, mengadakan kegiatan outbound dan field trip atau kunjungan ke instansi pemerintah dan perusahaan swasta seperti Kantor Polisi, Kantor Pos, Pemadam Kebakaran, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Kilang Minyak Pertamina, Bank, Rumah Sakit, Supermarket, Dealer Mobil, Workshop perusahaan minyak dan gas, atau tempat-tempat wisata yang menarik seperti agrowisata, Pantai Manggar-Lamaru-Ambalat, Kebun Nenek, Bumi Hijau, Bukit Bangkirai, Karantina Orang Utan dan Beruang Madu, tempat-tempat bersejarah seperti monument perjuangan rakyat, makam Jepang, Museum dan tempat-tempat ibadah, panti asuhan, panti jompo, sekolah luar biasa dan sebagainya.

11. Mengembangkan ke jenis pendidikan yang lain, misalnya sekolah atau kursus music untuk anak-anak, pengembangan talenta seperti menyanyi, menari, MC, art & craft dan lain-lain.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Jejak Indonesia di Israel …

Andre Jayaprana | | 03 September 2014 | 00:57

Ironi Hukuman Ratu Atut dan Hukuman Mati …

Muhammad | | 03 September 2014 | 05:28

Persiapan Menuju Wukuf Arafah …

Dr.ari F Syam | | 03 September 2014 | 06:31

Si Biru Sayang, Si Biru yang Malang …

Ikrom Zain | | 02 September 2014 | 21:31

Ikuti Blog Competition Sun Life dan Raih …

Kompasiana | | 30 August 2014 | 17:59


TRENDING ARTICLES

Awasi Jokowi, Kita Bukan Kerbau Dungu …

Mas Wahyu | 3 jam lalu

Kekuatan Jokowi di Balik Manuver SBY di …

Ninoy N Karundeng | 9 jam lalu

Subsidi BBM: Menkeu Harus Legowo Melepas …

Suheri Adi | 11 jam lalu

Jokowi, Berhentilah Bersandiwara! …

Bang Pilot | 13 jam lalu

Menerka Langkah Politik Hatta …

Arnold Adoe | 14 jam lalu


HIGHLIGHT

Tiga Resensi Terbaik Buku Tanoto Foundation …

Kompasiana | 7 jam lalu

Si Bintang yang Pindah …

Fityan Maulid Al Mu... | 8 jam lalu

Oase untuk Anak Indonesia …

Agung Han | 8 jam lalu

Jokowi Mirip Ahmadinejad …

Rushans Novaly | 8 jam lalu

Alternatif Solusi Problem BBM Bersubsidi …

Olivia | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: