Back to Kompasiana
Artikel

Wirausaha

Setiyono Tiyo

yang pasti bukan legislatif, dan juga bukan eksekutif.

Mengatasi Kemalasan

REP | 16 February 2013 | 22:05 Dibaca: 391   Komentar: 0   0

Oleh : Setiyono
Ketika seseorang malas untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan masa depannya, maka sejatinya ia telah mengali kuburannya sendiri. Karena rasa malas adalah kuburan bagi orang hidup. Masing-masing orang di lahirkan diatas dunia ini untuk bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia, bila orang itu malas untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia, maka dia harus merasa bersalah dan menyemangati diri untuk bisa menghilangkan kemalasan itu dan melakukan sesuatu untuk membuat dunia ini tersenyum.
Rasa malas adalah hal yang lumrah di miliki oleh setiap manusia, namun ketika rasa malas itu mendominasi kehidupan seseorang maka itu akan menjadi bencana bagi dirinya. Karena itulah, penting bagi masing-masing orang untuk bisa menekan rasa malas dalam diri agar bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.
Waktu kehidupan terus berjalan, dan dia tidak akan pernah kembali lagi, oleh sebab itu setiap orang tidak boleh menyianyiakan waktu, karena bila menyianyiakan waktu sama halnya dengan menyianyiakan kehidupan, dan menyianyiakan kehidupan bearti tidak mensyukuri anugrah yang di berikan Allah swt Allah swt maka dia adalah orang yang kufur, dan orang yang kufur akan mendapatkan azab yang pedih.
Manusia, semakin lama usianya semakin bertambah, dan jatah hidupnya di dunia semakin berkurang. Bila saat ini tidak memanfaatkan waktu dengan baik, maka hanya penyesalan yang akan menemani di masa depan nanti. Tentu setiap orang tidak pernah ada yang menginginkan bahwa masa depannya hanya berteman dengan penyesalan, pasti selalu menginginkan agar masa depannya itu penuh dengan kebahagiaan, dan kesuksesan. Nah, cara yang paling tepat untuk mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan itu ialah dengan menekan kemalasan dalam diri.
Menginginkan kesuksesan hidup, maka tidak boleh malas melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa menghubungkan diri untuk bisa meraih kesuksesan itu. Harus giat belajar, bekerja, dan memanfaatkan waktu secara optimal. Begitu halnya ketika menginginkan surga, maka seseorang tidak boleh malas-malasan dalam beribadah, laksanakan terus ibadah wajib, dan kerjakan yang sunah.

Kiat-kiat mengatasi kemalasan
Ada tiga hal yang perlu di lakukan untuk mengatasi rasa malas ini :
1. Miliki Rencana Hidup (life map)
2. Buat daftar aktivitas harian
3. Perbanyak berdoa
#Miliki Rencana Hidup (life map)
Adalah hal yang sangat menyedihkan ketika seseorang tidak memiliki rencana dalam kehidupannya, ia hanya akan mengikuti arus kehidupan yang ia tidak tahu apakah arus itu akan membawanya kepada kebahagiaan di masa depan atau kepada penyesalan di masa depan.
Miliki rencana hidup, tentukan visi hidup, dan buatlah misi hidup untuk meraih visi itu. Serta komitmenlah untuk mewujudkannya. Jika sebelumnya arah kehidupan tidak memiliki kejelasan, maka tentukan dari sekarang mau di arahkan kemana hidup ini. Sehingga dengan demikian akan lebih memudahkan diri untuk mengetahui aktivitas-aktivitas apa saja yang harus di lakukan untuk mewujudkan vis hidup itu.
Hal seperti ini akan membuat seseorang jauh lebih mudah untuk mengatasi kemalasan, karena rasa malas yang di alami oleh seseorang ialah karena dalam kehidupannya tidak memiliki life map yang jelas.
#Buat daftar aktivitas harian
Salah satu tujuan Allah swt menciptakan hati dan fikiran seseorang ialah agar orang itu mau untuk memahami dirinya sendiri, apa yang ia butuhkan, dan apa yang harus dia lakukan untuk bisa meraih kebahagiaan dunia akhirat.
Berangkat dari kesadaran itulah, maka setiap orang harus memiliki daftar aktivitas harian yang akan di lakukan esok hari. Buat daftar aktivitas itu sebelum hari berganti, sehingga kita akan mengetahui apa yang harus di lakukan esok hari. Dengan hal inilah maka kemalasan akan jauh lebih mudah di atasi. Jangan biarkan sehari pun kita tidak memiliki daftar aktivitas harian, karena bila itu kita abaikan maka kemalasanpun akan mudah datang.
Tapi ingat, tidak perlu harus kaku dengan daftar aktivitas itu lantas mengabaikan aktivitas positif lainnya dalam waktu yang bersamaan membutuhkan peran kita, yakni aktivitas yang benar-benar bermanfaat untuk diri dan orang lain tentunya. Yang jelas, buat saja daftar aktivitas harian kita sebelum hari berganti sehingga ketika esok hari kita sudah tahu apa yang harus di lakukan, dan kemalasanpun akan mudah teratasi.
#Perbanyak doa
Ketika kita sudah memiliki life map dan juga daftar aktivitas harian, maka hal yang mesti kita lakukan selain berkomitmen untuk bisa melaksanakan life map dan daftar aktivitas harian itu ialah dengan berdoa kepada Allah swt agar senantiasa di jauhkan dari rasa malas, sehingga dengan demikian jiwa kita akan terus waspada bahwa rasa malas itu adalah musuh yang harus di lawan demi untuk masa depan yang membahagiakan.
Selamat mencoba.
Salam hangat.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Promosi Multikultur ala Australia …

Ahmad Syam | | 18 April 2014 | 16:29

Sesat Pikir Koalisi …

Faisal Basri | | 18 April 2014 | 19:08

Liburan Paskah, Yuk Lihat Gereja Tua di …

Mawan Sidarta | | 18 April 2014 | 14:14

Untuk Capres-Cawapres …

Adhye Panritalopi | | 18 April 2014 | 16:47

Yuk, Ikuti Kompasiana Nangkring bareng …

Kompasiana | | 15 April 2014 | 20:47


TRENDING ARTICLES

Kue Olahan Amin Rais …

Hamid H. Supratman | 10 jam lalu

Puan Sulit Masuk Bursa Cawapres …

Yunas Windra | 11 jam lalu

Misteri Pertemuan 12 Menit yang Membungkam …

Gatot Swandito | 11 jam lalu

Bila Anak Dilecehkan, Cari Keadilan, …

Ifani | 14 jam lalu

Semen Padang Mengindikasikan Kemunduran ISL …

Binball Senior | 15 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: