Back to Kompasiana
Artikel

Wirausaha

Mukhamad Nurrokhman

No puedo perfecto pero podría ser lo mejor

pola pikir wirausaha bisa memajukan bangsa

REP | 09 April 2013 | 15:24 Dibaca: 284   Komentar: 0   0

sebelum berbicara jauh membahas tentang wirausaha . kita coba pahami apa arti wirausaha itu sendiri secara etimologi atau bahasa.  wirausaha itu adalah  berasal dari kata wira dan usaha. Wira yang berarti pejuang,  manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha adalah perbuatan amal, bekerja, dan berbuat sesuatu.Jadi wirausaha adalah hal-hal yang berhubungan dengan keberanian seseorang dalam menjalankan kegiatan bisnisnya.

Entrepreneur adalah suatu kemampuan untuk mengelola sesuatu yang ada pada diri kita untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup kita.

pada kenyataannya pola hidup masyarakat indonesia cenderung kepada konsumtif dan pekerja. karena ruang lingkup lingkungan yang ada pada mereka berorientasi bekerja.pada kenyataanya bekerja itu tidak bisa mengatasi jumlah pengganguran di negeri ini.orientasi yang di dapat pada anak-anak muda indonesia adalah setelah lulus kuliah mau kemana? bekerja di perkantoran pemerintahan. padahal cari kerja di zaman sekarang ini susahnya masha allah (curhat )maklum saja Ane”korban pengganguran baru 1 bulan hehehehe..”’ akibat tenaga kerja kontrak,”saya kerja di pln persero pada tempo ntuhh hehehe pt besar punya negara tapi hanya sebagai tenaga kerja kontraktor’ saja yang menunggu ada pekerjaan saja dari kantor pusat setelah tidak ada pekerjaan menggangur lagi heheheheheheh”"”"”"
sampe-sampe orang tua ogut kerjaanya tiap hari ngomelll liat ane kerjaanya tetiduran sesekali dagang si dagangin usaha orang tua maklum orang tua bekerja sambil usaha tapi usahanya tidak besartapi bisa mampu membiayai ane kuliah dan sekolah adx2 ane.’kembali kebahasan orientasi wirausaha. orientasi tentang bekerja setelah lulus harus dibuang jauh-jauh dari pemikiran anak2 muda negeri ini karena hanya sedikit jumlah pnduduk kita yang berwirausaha.

banyak figur-figur pengusaha yang bisa kita ambil kisah hidupnya dan jadi acuan untuk kita menirukan dan memotivasi diri kita agar tergerak menjadi seorang wirausaha.tanpa kita sadari para pengusaha itu berhasil karena mereka memiliki 3 M.
M yang pertama adalah Motivasi yang kuat
M  yang kedua adalah mindset yang tepat (produktif,kreatif dan positif)
M yang terakhir adalah make it ( lakukan )
Untuk meningkatkan motivasi dalam berusaha, maka setting lah hasrat anda berusaha seperti hasrat ketika anda sedang jatuh cinta. Pupuklah hasrat tersbut degan membayangkan bahwa seorang entrepreneur akan mempunyai waktu yang luang dan ruang yang lapang.

untuk yang 3M di atas belum bisa memahami tapi untuk 3M yng  ane tahu adalah menguras menutup dan meninbun ( hahahaha) kayak pencegah nyamuk DBD berkembang biakannya hehehehe slain itu s 3M sifat saya adalah sifat2 keseharian saya yg bisa cuma makan,males-malesan sama manja mh kgx tpi masa bodoo aja hehehehe

tapi versi menurut saya 3 M patokan pengusaha yang M pertama adalah menguras.  menguras menurut saya adalah menguras ide-ide yang ada dalam kepala dan mengembangkan untuk menjadi suatu tujuan untuk bisa di jalankan sesuai perencanaan yang matang untuk memetik hasil di kemudian kelak
M yang ke 2 adalah menutup dalam arti menutup ini susah diartikan tapi dapat di perjelaskan sebagai calon wirausaha jangan mau untuk MENUTUP diri keluar dan bersosialisasi  kepada orang banyak karna yang dibutuhkan seorang pengusaha adalah relasi terhadap orang banyak dan rasa percaya diri yang tinggi pada penggusaha untuk M yang ini menutup harus dibuang2 jauh untuk dari kita karena seorang pengusaha tidak akan sukses kalau sellalu menutup hehehe
nahhhh yang terakhir adalah MENIMBUN ehehehe nihh menimbun adalah hasilnya dari jeripayah seorang pengusaha yang udah melakukan proses menguras cukup lelah atau mungkin IA leleh hehehehe dan juga membuang jauh2 rasa menutup diri ke seseorang dan inilahh menimbun hasil yang udah didapet para pengusaha mereka berhasil menimbun jutaan rupiah hasil yang mereka peroleh dari usaha mereka hehehehe

mungkin para pengusaha besar kita di indonesia sukses punya pemikiran 3M seperti itu hehehehe atau 3 M yang laen yang bisa mengembangkan mereka hingga sebesar ini seperti pak chaiul tanjung,reza nurhaliman,(axl).atau hamzah izulhaq bahkan mungkin bill gates sekali pun bisa x yha  hehehehe :D…
asalkan jangan tiru 3M saya yang cuma bisa makan,malas2san dan masa bodo   hehehehe   pasti insha allah sukses (kebalikanya kagx)

tapi manusia tidak mau seperti itu terus manusia memiliki pemikiran yang sangat luar bisa dengan otak dan akal rasionya manusia bisa mengubah semuanya karna tuhan tidak pernah menciptakan manusia dalam keadaan bodoh tapi yang membuat manusia bodoh adalah dia sendiri yang tak mau menguras pemikirannya menutup nasehat dari orang banyak serta menimbun informasi yang didapatkannya  dan mempersatukan untuk menghasilkan sebuah kesatuan lari ke 3M lagi ajah dahhhh hehehehe ;D.
ane punya mimpi ingin mengembangkan usaha orang tua.orang tua usaha di bidang marketing elektronik (alias tukang kredit elektronik ) karna kelamalaman orang tua ane akan rentah kalo bukan ane siapa yg melanjutkan bahkan mengembangkannya. impianya pengen buka toko kios tapi gimna allah aja yang nentuin.orang tua ana berpesan bahwa hidup jgan bermales2n tapi berusaha apapun demi membahagiakan keluarga utamanya maklum ane keluarga jawa.orang jawa di identiknya adalah bekerja keras nahh.saya  asal jogja tapi bukan keturunan keraton hehehe jadinya ngrantau kejakarta heheheh ayah ane ngrantau hanya punya modal ijazah smp dan ibu hanya bermodalkan ijazah sd dan sertifikat baby sister tapi sekarang mereka dah 20 tahun tinggal di jakarta alhamdulilah udah punya rumah sendiri di jakarta bukan tinggal lagi di rumah jalan2 yg setiap bulannya bayar. bahkan dah buat kontrakan 5 pintu hehehe rencananya mau nambah lgi iitu hahahaaaa
makanya ane suru belajar yang bener kata orang tua. ibu berpesan pada saya bahwa aku gg bisa mewariskan harta yang banyak tapi aku bisa menyekolahkanmu untuk mencari ilmu krna ilmu kau bisa menghasilkan harta yang banyak.

terbukti bapak chairul tanjung dengan ilmunya beliau bisa membuat usaha yang amat eWOW beliau memiliki transcorp dan reza nurhaliman sukses di usia muda krena ilmunya .

wirausaha pun begitu ada ilmunya kita tahu pengertian wirausaha pola pikir wirausaha apa yang dimaksud mindset wirausaha kita tahu semua ada etika2 dalam bermirausaha. untuk mata kuliah wirausaha saya yang sangat tertarik untuk belajar dan memahami arti wirausaha itu sendiri.

itu tentang pemikiran saya tenang wirausaha .wirausaha bisa memajukan bangsa karena mendidik bangsa agar supaya mandiri dan mau membantu warga lainnya bekerja karena jadi seorang wirausah amat mulai di mata tuhan karena bisa menolong dan membantu bahkan mempekerjakan orang dan bisa membantu perekonomian orang banyak

demikian semoga bermanfaat untuk kita terutama saya hehehe bisa terhidar dari 3M yg negatif suka makan males2 dan masa boda saya akhiri saja wassalammualaikum wr wb

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Susahnya Mencari Sehat …

M.dahlan Abubakar | | 30 August 2014 | 16:43

Penghematan Subsidi dengan Penyesuaian …

Eldo M. | | 30 August 2014 | 18:30

Negatif-Positif Perekrutan CPNS Satu Pintu …

Cucum Suminar | | 30 August 2014 | 17:13

Rakyat Bayar Pemerintah untuk Sejahterakan …

Ashwin Pulungan | | 30 August 2014 | 15:24

Blog Competition Smartfren: Andromax yang …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 20:22



HIGHLIGHT

Hak Menahan Tersangka, Kartu ATM Polisi …

Hanny Setiawan | 8 jam lalu

Jangan Biarkan Sulit Tidur Mengganggu Hidup …

Dr Andri,spkj,fapm ... | 9 jam lalu

Kebohongan Ajudan Nazar Dalam Menjerat Ibas …

Tuty Handayani | 9 jam lalu

Kompas Jelajah Sepeda Manado-Makassar, Bikin …

Muhammad Zulfadli | 9 jam lalu

Start Lamban United dengan 3-5-2 …

Daniel Setiawan | 10 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: